Gerobak Sampah

Kebersihan adalah pangkal paha kesehatan. Demikianlah jargon nyang sering kita dengar. Jahh… karena kesehatan ituhh mahal harganya… maka sudah seharusnya kalo kita peduli dgn kebersihan plus senantiasa mo ngejaga kita punya badan. Sapa sehh nyang mau sakit..?? Sampeyan..??… Weehh… sampeyan mau sakit..??? Argghhh… kalo saya ndak.

Cuman…. kadang kala… masih banyak nyang malas buwat mbuwang sampahh. Sering kale… kita biarkan sampah2 itu menggunung di pojok kamar… sudut rumah.. atau pun di tempat-tempat nyang menurut perasaan kita pantas buwat naroh sampah. Padahal… sampah itu kalo ndak dibuwang pada tempat nyang semestinya… bisa jadi sumber penyakit. Katanya… “anak kecil ajahh teu…”. Kalo sampeyan… teu ndak..?? Wahh… kalo ndak teu…. berarti sampeyan masih balita.

***

Grobak sampah inihh.. hampir tiap hari muter2 di kampung saya di klaten sonohh. Pas pulang beberapa waktu nyang lalu… sempet saya abadikan dgn kamera nyang ter-include di hangphone saya. Saya ndak teu… apakah karena ban-nya duwa… maka dia-nya nglengkapi grobak sampah-nya itu dgn radio-tape duwa band atau karena sebab nyang laiinnya. Nyang jelas… gending2 jawa… tembang2 campur sari… plus lagu ndangdut-koplo-an…. sering mengiringi langkahnya. Lumayanlahh…. buwat melupakan n mengusir bau limbah sisa rumah tangga nyang beraneka ragam bentuk dan aromanya.

****

Kalo ketemu…. saya pasti ngasih uwang sekedarnya dan sesekalee ngobrol dgnnya. Katanya sehh… dia suka nonton acara tipi. Cuman karena dia sering muter-muter…. maka mau ndak mau… dia harus merelakan melewatkan acara nonton tipi-nya. Intinya… dia ndak mau berlama-lama ketinggalan berita.

Jahh… iseng2… saya coba ngrombak grobaknya. Dalam benak saya… ndak mungkinlahh… kalo di grobaknya di pasang tipi nyang model lama… nyang punya moncong segedhe gaban dibelakang layarnya. Mungkin nyang memungkinkan dipasang di grobaknya adalah nyang layar datar ato Flat-lah. Cobahh aja liat gambar nyang dibawah ini…

Setelah dia liat disain saya… dia malah menta nyang lain… “Pak… sebenarnya saya juwega suka karaoke-an“. Wadoohhhh…. !!! Karena saya ndak mau mengecewakan orang nyang selama inihh care terhadap kebersihan di kampung saya…. maka saya nyoba merombak grobaknya lagee. Jadilah akhirnya seperti gambar di bawah ini.

****

Kadang saya sering lupa bahwa ada pepatah jawa nyang mengatakan… “wis diwenehi hati kok ngrogoh rempelo..”. Karena menurutnya grobaknya bisah dirombak dan bisahh ditarohh apa ajahh… maka dianya-pun minta ditambahkan kulkas duwa pintu… almari pakaian… tempat tidur…. sower plus bathup-nya sekalian dan kalo bisa grobaknya dibikin bermesin biyar ndak capek narik… katanya. Sayapun tersenyum… seraya berkata.. “Sebaiknya sampeyan ndak usah jadi pembuwang sampah lagee. .. sampeyan jadih blogger wakil rakyat di negeri antah berantah itu ajahh…

Ehh… lucunya dia masehh bisa njawab senyum saya dgn senyuman nyang agak gemanahh getoo… seraya berucap..” Kalo ndak mbuwang sampah lagee… saya emang jadi bersih Pak… tapihh otak saya yg justru jadi kotor. Saya ndak mau ahh Pak…

Kalee inihh… saya ndak senyum lagee. “Nihh… sepuluh rebu… buwat beli battery XYZ untuk battery radio-tape duwa band sampeyan nyang sudah sowak…

***Tamat**

About these ads

8 Tanggapan

  1. he..he..he…tukang sampah ajah udah pinter menilai mana hati yang bersih dan tidak. Yah, mending narikk gerobak sampah, halal dan toyibah, daripada banyak uang malah sesat bawaannya..

  2. di atasnya dikasih papan dan dijadiin meja bilyar kan malah joss gandoss to mas.
    Kalau mau buang sampah tinggal sodok. hehehe

  3. “hehehe…
    Makin beTah aja Kayanya tUh Tukang nGangkutin saMpahNYa,,saMbil NgangkUt daPet hiBurAn:D

    @tukaNg sampahnya!!
    Pilih Mana Jd tUkang yanG Kotor karena sampah ato jadi Wakil RakYat yg karena KotoR jaDi SaMpaH???:D
    FASILITAS sama2 koMplit….:P:P:P

  4. @ iis sugianti :
    Kerja di tempat nyang bersih ndak selalu berbanding lurus dgn otaknya :lol:

    @ yoyon :
    Jahh… meski ditutup, nyang namanya sampah ituhh tetap ajahh bau.
    Btw… tukang sampahnya ndak isah maen bilyard, bisanya maenin kelereng(nya) :mrgreen:

    @ mia :
    itu namanya gerobak sampah full musik.

  5. Mau diapain juga tetep aza ya,,namanya “GEROBAK SAMPAH”…:P

  6. jadi ingat maraknya praktik korupsi di negeri ini, bung serdadu. sapu yang digunakan utk memunguti sampah ternyata sapu yang kotor sehingga bukannya mampu membersihkan lantai tapi malah bikin lantai tambah makin kotor. agaknya para pemburu koruptor mesti banyak belajar dari tukang sampah itu.

  7. @ mia :
    Kalo isinya ditukar pasir…. jadi gerobak pasir. Nahh… kalo isinya diganti dgn mesin ATM….. ituhh ndak mungkin :mrgreen:

    @ Sawali :
    Sebaiknya emang harus pake sapu nyang bersih. Nyang jadi masalah…. nyari sapu nyang bersih itu susah sangat yakk Pak. :lol:

  8. hahaha..
    kalo isinya sayuran jadi gerobak SAYUR:P
    balita yg baru bljar ngomong juga tau pa..:D
    “buduwayyyy”,,itu hasil FIC yg ke dua(gerobak ber TV)
    nyata apa rekayasa, pa??
    Apa perLu tanYa pakar telematika (rOy SuRyo) buaT membUktikan keasliannya??
    hehehhehe…..:P:P

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: