Main Drama: Peristiwa Rengasdengklok

Membicarakan Peringatan Derik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, saya jadi teringat zaman dulu ketika masih duduk di bangku SMP (1986-1989). Pernah pada suatu kesempatan… saya dan beberapa teman saya mengikuti lomba drama PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa) se-Kabupaten Klaten di Gedung Serbaguna RPD (Radio Pemerintah Daerah).

Meski hanya dapat juara dua… tapi bagi kita… sudah cukup memuaskan, mengingat semuanya kita kerjakan sendiri. Dari pembuatan dialog, ilustrasi musik, perlengkapan sampai urusan kostum untuk keperluan lomba… semuanya kita kerjakan sendiri. Kala itu… kita memainkan drama satu babak “Peristiwa Rengasdengklok”.

Mengingat itu saya sering ketawa sendiri. Untuk membuat efek rambut putih… kita gunakan pasta gigi. Ilustrasi musiknya kita gunakan panci, simbal, kaleng bekas biscuit, sampai gelas dan botol yang kita banting secara serentak beberangan dengan pukulan drum yang bertubi-tubi untuk menghadirkan efek “gempar/gaduh”. Walhasil dehh… selesai pentas … kita langsung bersih-bersih.

Untuk urusan kostum-pun kita sampai nyari-nyari ditukang lowak. Dan yang paling lucu…. yang meranin Pak Karno (saya-red). Dulu di dekat hidung saya yang sebelah kiri ada “andeng-andeng“-nya (tahi lalat) maka jadilah Soekarno Muda ber-andeng-andeng di dekat hidungnya. Mungkin itu yang bikin kita cuman jadi juara dua atau karena itu kita jadi juara dua…?? Ndak taulah…

***

Nb.

* Untuk mengingatkan tentang apa dan bagaimana “Peristiwa Rengasdengklok” silakan klik tautan ini :  Peristiwa Rengasdengklok

* * Contoh dramanya silakan klik tautan berikut : Naskah Drama

About these ads

35 Tanggapan

  1. baru tau kalo pak Karno ada andeng-andengnya…..

  2. Mudah-mudahan jiwa dan semangat pak Ir. Sukarno tetap melekat dihati Bung serdadu…salam

  3. wew…. bung serdadu rupanya berbakat juga jadi seorang pemain teater, haks, bener2 nggak nyangka. apalagi yang diangkat lakon rengasdengklok, sebuah tempat bersejarah yang selalu terpatri dalam ingatan dan memori bangsa kita. salut!

  4. Hahaha…yg berdiri di blkg “pak Karno” , pake baju + celana abu2, gak keliatan mukanya, itu “Laksamana Muda Maeda” hehehe :) utk menciptakan efek rambut beruban msh pake “odol” alias pasta gigi…cp d..
    btw..koq ijik duwe poto2ne to dab?? mbok aku di-scan-in :)

  5. @ Itikkeceil :
    Huee…hee..hee.. nyang diatas itu emang Pak Karno gadungan :mrgreen:

    @ Ahmad Sholeh :
    Semangat perjuangan Beliau di masa perang kemerdekaan memang seharusnya dijadikan teladan bagi siapapun nyang “ngaku” cinta-mati kepada negeri ini.

  6. @ Sawali :
    Heee…hee… ituh jaman SMP dulu Pak… karna ndak pernah diasah lagee, jadinya cukup jadi penonton ajahh. Favorit saya… “Teater Gandrik” Pak..

    @ Logamberat :
    Huaaa…haaa… kalo di lomba itu ada katagori “mirip tokoh”.. maka situlah nyang pasti dapat juwaranya. Jepun style-mu mantabs :mrgreen:

    Kalo poto2ne… yo muk kuwi thok Dab… nyang lainnya mungkin si-Kimpling nyang pegang.

    Mbiyen ki sing dadi ibu Fatmawati sopo yo Dab…?? Aku kok lali sak pleng-an..

  7. @ Serdadu95

    Hahahaha..untung jmn dl gak ada “harajuku-style” dab :) btw aku dl sempat protes berat lho, lha bu guru ngolesin odol-nya bnyk bgt cp d…..>:(
    nah berhubung udh bt, dan dialog-ku pk acara gebrak meja, ya sekalian aja gebrak mejanya tak pol-ke hahahaha
    aku yo lali jhe yg jd bu Fatma sopow

  8. @ logamberat :
    Kalo Laksamana Maeda itu gitaris… mungkin ditambah mbanting gitar yo Dab…. ben ketok metal-e :mrgreen:

  9. bos kirimin naskah dramanya dunk aku lagi butuh ni di e-mail aku ya
    ada tugas membuat naskah drama
    e-mail aku irfan.muslim.boy@gmail.com
    makasih ya

  10. Drama rengasdengklok ya???
    Aku boleh minta tolong dikirimi naskah dramanya ga?? soalnya aku lagi butuh banget ada tugas.
    kalau boleh email aku ke Neezhya_jr@yahoo.com

  11. aku minta donk naskah dramanya boleh gak klu boleh kirim secepatnya ya thanks

  12. guna ne

  13. minta nazkah dramanya donk……

  14. kq g da nskh dialognya….,
    q mnta nskh dialognya doooonggggg…..
    oche….

  15. Iiich mana cieH diaLo9 nYa?????????????

  16. wow kren jga yach . . . . . . .. . . co2k bngtz jadi bung karno

  17. text drama nya manaaaaaa

  18. kok fatmawatinya ga berdialog sih

  19. lumayan aja -_-

  20. kita aja blm ketemu

  21. iy,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: