Seribet Itukah Nikah dengan Anggota TNI…??!

Menurut saya kok ndak seribet nyang dibayangkan. Emang sehh… cuwekup lumayan juwega persyaratan nyang harus dipenuhi, tapihh dalam prakteknya mudah kok.

Kalo dipikir-pikir, manahh ada sehh prosesi nikah nyang ndak ribet…??! Coba tanyakan ajahh pada semuwa orang nyang udahh pada nikah, dari 10 orang nyang Situhh tanya… pastilah 11 orang akan menjawab: nikahh ituhh emang ribet :mrgreen:

Mungkin ketidak-tawuanlah nyang menyebabkan muncul pendapat nikah ama anggota TNI ituhh ribet.  Kesimpulan inihh saya ambil setelah saya mbaca pertanyaan-pertanyaan dari para jomblowati nyang mereka luncurkan di postingan saya nyang enihhh.

Asal teu ajahh…, “pencerahan” dari saya entuhh sampai sekarang sudah di-klik ndak kurang dari 1.378 kali. Dari data nyang saya lihat di dashboard pun, orang nyang googling dgn tag “cara menikah dengan anggota TNI” plus turunannya, ndak kalah banyaknya.

Kenapa bisahh begetoo yakk..??!

Dugaan saya begonohh…

Banyak nyang ngira bahwa semuwa serdadu entuhh sangar dan keras kepala kaku dan suwesyah kalo diajak bicara, sehingga dibenak para jomblowati nyang bahenoll… kebetulan naksir sama para serdadu pada mundur teratur tanpa memperdulikan kata hati mereka.   Padahal… para serdadu entuhh kan manungsa juwega, udahh pasti punya rasa, punya hati.  So, menyama-ratakan semuwa serdadu entuhh bak pisau belatiii dalam urusan bercintaa cinta-cintaan….  adalah salah :lol:

Kalo para jomblowati nyang sedang naksir para serdadu entuhh teu dan biyasa menggunakan nyang namanya logika-terbalik…., bukankahh ungkapan “Dibalik kelembutan tersimpan watak nyang keras” entuhh bisahh juwega dibalik-logikan menjadihh “Dibalik watak nyang keras tersimpan kelembutan” …??! :mrgreen: (*haiyahh… dibalik-logikan??! Bahasa macam apa pula entuhhh*). Laluhh..??!

Percaya dahh,  ndak semuwa serdadu entuhh sangar dan keras kepala kaku dan suwesyah kalo diajak bicara. (*lhahh… kok malah saya jadihh promosi ginihh yak…?!*)

Baideweee…., menikah dengan anggota TNI ituh emang ribet. Tapihh, ndak seribet nyang dibayangkan kebebekan kebanyakan orang. Kalo pun untuk menikah dengan anggota TNI entuhh harus ngisi inihh-ituhh, ngadep sinihh-situhh… sesungguhnya semuwanya entuhh adalah bageyan dari prosesi “before merried” ala kemiliteran ajahh, seperti halnya before merried-nya tradisi pernikahan ala kedaerahan-lah (nikah dgn adat Jawa/Sunda, misalnya).

So, ribet atau ndak ribet entuhh relative. Mangsudnyahh…. tergantung gemana nge-planing-nya ajahh. Percayalah… seribet apapun entuhh kegiatan, jika nge-planing-nya buwaguss… apalagee dilakukan jawuh-jawuh hari sebelumnya mangka semuwanya akan menjadi (terasa) ndak ribet. Jahh… semuwa entuhh emang sangat tergantung gemana cara nge-planing-nya ajahh.

Seandainya diantara sodari-sodari ada nyang sekarang inihh sedang pacaran/tunangan dengan seorang anggota TNI dan mau melanjutkan ke jenjang pernikahan, maka ndak perlu kawatir bakal dapat keribetan nyang teramat sangat. Karena, menurut saya… pernikahan ala militer entuhh lebih sederhana bila dibandingkan dengan pernikahan ala adat manapun juwega.

Waktu saya melangsungkan prosesi pernikahan ala militer duwelu, saya ndak perlu nyewa jarik, beskap, blangkon, seperangkat gamelan plus sinden dan niyogonya. Diatas pelaminan saya juwega ndak perlu suap-suapan nasi kucing, nginjak telor dll…dll… dan lain-lainnya. Nanggap wayang semalam suntuk atao diarak pake delman istimewa (trus) kududuk dimuka-pun ndak saya lakukeun. Saya cuwekup minta tolong adik-adik saya buwat jajar kehormatan, trus memohon dengan hormat Komandan saya tuk jadi Inspektur Upacara (Irup) dan teman-teman saya buwat jadi petugas inih-ituh, nyang semuwanya gratis…tiss, ndak pake bayar dan ndak pake lama. Walhasil… sehabis Upacara Pernikahan entuhh… saya dapat melanjutkan acara mbelah duren selanjutnya tanpa kecapekan :mrgreen:

Jadihh,  kalo mau nikah dgn anggota TNI entuhh harus mbikin surat enihh-surat entuhh, ngedep sinihh-ngadep situhh atau periksa inihh-periksa ituhh… saya kira akan sangat mudah diselesaikan jika keduwa calon mempelai saling cinta dan bener-bener niat mau nikah. Mangkanya kalo ada pertanyaan: “Seribet itukah nikah dengan anggota TNI…??!” maka jawabannya : Abselutly NOT! Sangat mudah, ndak ribet bin gampang sekalee.

About these ads

91 Tanggapan

  1. Wah pasti berguna bgt ya dech .. kalo kayk gn kan smua jd g takut dg bayang2 kalo nikah ma TNI..taun depan aq jg nikah ma TNi .. td nya aq takut bgt kalo nikah ma TNI itu susah bgt tp setelah bc tulisan pak serdadu aq

  2. iya ini amat bermanfaat bgt bg wanita2 nyang mau jd pendampingnya pak tara … jd g akn tkut lg dg bayang2 nikh ma TNi yg sulit bgt katnya sech.. aq taun depan jg nikah ma tni .. tp setelah bc blog nya pak serdadu ni jd lega.. minimal ngurangi sedikit ketakutan q ma kalo mua pengajuan .. mas qdnas di yonif 732 ternate….
    hidup pak serdadu.. thank’s a lot ya pak serdadu…

  3. waw…qu juga pernah di kasi tahu sama kaka perempuan ku yg sudah mnikah dgn TNI..mmg ribet ci..cos wktu dulu kaka q pengajuan q thu proses`y barapa lama n makan tnaga bgt..tp itu gak m`nyurutkan keinginan aku u/ nikah dgn Pak Tara dalam waktu dekat ini…Insya4WI..cos masih dalam rangka ngumpulin dana dulu ….
    klo rasa takut sama skali gak ada , da q tepis jauh2…
    Blog ini bisa jd masukan yg berati u./ saya…

    makasi

  4. kalau mau nikah sama TNI (darat,laut,maupun udara) katanya ada tes virginitas juga ya mas?itu bener apa gak sih soalnya ada temanku yg sempet trauma setelah tes virginitas,katanya sakit banget,aku jadi takut karena sekarang aku sedang mnjalin hubungan yg Insyaallah serius dengan seorang TNI AU

  5. makasih infonya……kalo boleh tau, berapa lama proses melapor sampai dapat izinnya tu?

  6. salam knl y ….
    pa bnr stiap anggota militer tu jarang pgang hp,,,,,
    se brp sbuk c anggota militer tu?
    sya agk g ykn yg pnya hub jarak jauh tnpa d landasi komunikasi ,,,,,,,
    tlng d jelaskan y pak serdadu
    thanks.

  7. nunung14890@gmail.com

  8. apa syarat jd istri anggota TNI tu jg dhruskan prawan jga?? bgaimana klo janda?? cz omq anggota jg tp kok istriny janda y?? da aturanny g?? sz

    • “harus perawan”Itu maksudnya bagi yg masih blm prnah menikah mbak,,memang dia harus perawan,tapi kalo blm prnah menikah tp udh gak perawan nah itu yg akan jd masalh.Tetapi kalo udh prnah menikah(janda)itu nggak masalh mbak..mgkin itu saja info dr saya…

      • o gt y mas. tp knapa mnikah dgn TNI itu hrus memenuhi bgitu bnyk syarat2.knp gk sperti orang sipil ajaaa.
        emg law jd seorang TNI ini, untuk masuk jd TNI nya aj susah bgt. aplg mau nikah,ribet bgt.smw didlm TNI itu srba ribet.
        tp menyenangkan jg ci.kt jd dpt plajaran yg baru aja.

      • ya kalau janda’a masih muda gimana .. haha alias janda kembang .. :D

  9. KaLau mO niKh sm TNI tRz ..kL cwe yg bLm pRnh Nikh tP dy Dh g viRgiN itu gMn?????

  10. Salam kenal Pak,

    Saya butuh informasi :
    1.Berapa lama proses untuk pelaporan sampai dapet ijin untuk tentara menikah?
    2. Proses apa yang harus di jalani calon perempuan & keluarga perempuan ( sipil ) untuk memenuhi prosedur yang ada?
    3. Dan dimana proses tersebut harus dilaksanakan? apakan daerah tugas Pak Tentara atau tempat area kediaman keluarga perempuan?

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    Salam,

  11. pak aku pngen kenal sama anggota TNI kli perlu yg siap nikah aku kmarin dah mau nikah sama anggota TNI tp ga jadi krna itu aku pngen cari knalan lg yg dinasnya di jawa tengah aja

  12. mengapa,dan kenapa? nikah aja diribetkan????
    yang penting bukan,perawan atau tidak ? tapi
    bertakwa,beraklak mulia dan setia ** kita merencanakan apa yang terbaik untuk dan bagi hidup kita,tetapi TUHANLAH YANG MENGATUR .SIPIL&MILITER sama aja sama sama makluk TUHAN yang mau menikah selamat dan sukses semoga BAHAGIA,DAN ABADI SAMPAI MENUTUP MATA…SALAM PERSAUDARAAN…jaya diningrat lebur dening pangastuti

  13. *TERIMAKASIH MOHON MAAF ATAS KATA-KATA YANG KURANG BERKENAN *

  14. mohN MAAF,DAN JAWABANYA//<<<<<<<

    JIKA TNI PRIA MENIKAAH DENGAN WANITA-WANITA SIPIL MENJADI KELAYAKAN DAN STANDART ,NAMUN JIKA SEORANG TNI WANITA(KOWAL,KOWAD,WARA) MENIKAH DENGAN PRIA SIPIL/PNS ,BAGAMANA ATURANYA,APAKAH DIKATAKAN LAYAK? ATAU SEBALIKNYA TNI WANITA DIWAJIBKAN DAN ATAU PRIORITAS DENGAN PERWIRA-PERWIRA, DENGAN KEPANGKATAN 1JENJNG LEBIH TINGGI??,TERIMAKASIH

  15. Klo sang wanita udh ga perawan trus nikah sma anggota TNI bkalan dpet sangsi apa ea?
    Thenks.

    • tergantung…yang menggantung….skgkan jamannnya reformasi udh bisa kordinasi,,,insyaalah bisa di atasi…mau daftar kah….heeeee….heeeeeeeeeee

  16. mas.. mo tanya, ktnya klo mo nikah ma TNI calon perempuannya harus perawan ya?? klo g’ perawan lgi gimana mas? berimbas ke karir si laki g’? apa boleh mas nikah tp calonnya g’ perawan lagi??

  17. pak tolong diberi keterangan yang jelas dan yans sebenar2nya,,,,apa bener kalo mau nikah denga tni itu dites perawan atau nggak nya

  18. APAKAH PERBEDAANYA menikah/tidak dengan anggota TNI menurutku tiada yang lebih atau bersahaja tetapi..utamakanlah AGAMA yang lurus …sebagai kriteria utama dalam pernikahan,PANGKAT,JABATAN,DAN HARTA HANYALAH sementara dan titipan gak akan pernah lama…dan kalau mati tiada dibawa..BAHAGIA HANYALAH TERCERMIN DARI KEKHLASAN DAN KETABAHAN HATI BESERTA KETAKWAANYA…saya merasa heran sekali KENAPA TIADA YANG POPULER PARA WANITA MENIKAH DENGAN PAK KYAI/USTADZ/ULAMA2 SAHIH ,biar masuk syurga (ISLAM.)

  19. kalau disakiti oleh anggota TNI dimanakah saya bisa mengadu…???

  20. Begini, beberapa wktu lalu tmn sy menikah dg anggota TNI. Kebetulan dy sudah tdk perawan lagi. namun kyataannya, dy lolos menjadi isteri TNI. Prtyaanx, apakah bnar keperawan masih dibutuhkan dlm prsyaratan untuk jadi isteri TNI?

  21. Pak mau nanya donk….
    Bisa gk seorang janda menikah dgn TNI(lajang)..
    Apa ada syarat2x….

  22. hmmm…bagus untuk masukan yg mw nikah m TNI,skrng saya sedang melakukan nya n alhamdulilah bila d jalani dgn ikhlas semuanya terasa mudahhh,….:)

  23. apakah janda pnya 1 anak bisa menikah dg TNI(mcih lajang)????

  24. yups tu bermanfaat bngt,,,,aq jg uda selese 50% ngurusin ne en tu,,,gk seribet yg aq bayangin dulu,,,,love serdadu,,,

  25. Hemmm.. Untung ada info ini. Brati saya gag usah takut keribetan waktu urus pernikahan taun dpan..

  26. Tpi menurut sy memang ribet kok apalagi sama mereka yang perwira karena saya baru saja mengalaminya

  27. Knp ea org2 TNI slalu mencari yg msih virgin??????? pa slah klo cwek yg sdah gak virgin nikah dngan anggota TNI?????????

  28. tes kesehatan kowad apa aja yah kak??? tlong pnjelasanx.. Sedetail mngkin.. Mksih.. :)

  29. . apa sjakah syarat” untuk pngajuan nikah sma TNI…????

  30. ikutan coment ya,,,
    gak seribet yg kita bayangin,,smuax mudah yg pnting ikhlas coz hrus k sana sini ngurus surat,,,alhamdulillah aq uda selese ngurus suratx dlm wkt singkat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: