gedhang uwoh pakel

“Gedhang uwoh pakel, omong gampang nglakoni angel…..sebuah pepatah jawa yg artinya, bicara itu mudah tapi mengerjakan (apa yang diomongkan) itu (sangatlah)susah.

Saat menyaksikan sajian pertandingan sajian pertandingan bola di layar kaca tepatnya pas istirahat pertama atau di akhir pertandingan, sering kita lihat sang komentator mengulas pertandingan yang sedang berlangsung. Kadang kita meng-amin-i ngecapnya sang komentator tapi adakalanya juga kita dibikin boring mendengar ocehanya, terlebih lagi jika yg jadi host dan komentatornya gak punya track record babar-blas di bidang bola-sepak. rusuh.jpgWuihh…rasanya pengin nglempari pake botol air mineral seperti yg sering dilakukan para sporter Endonesah klo lagi nonton LigEna (Liga Endonesah).Seandainya para pemain yg dikomentari itu juga ikut mendengarkan komentarnya mungkin akan snewen, ndongkol, bahkan mungkin akan marah-marah…. “Enak aja, bisanya cuman ngomong thok (doang), coba sampeyan yg main….bisa gak ??!” Nah, jika itu terjadi… kita harus memahaminya. Para pemain itu sudah capek…lari ke sana kemari, trus karena sesuatu dan lain hal mereka melakukan sedikit kesalahan yang berakibat timnya jadi kalah ato yg seharusnya bisa membuat goal dengan mudah tapi malah tendangannya melenceng…..,sudah sakit hati diteriaki penonton ee…masih aja dikomentari oleh orang yg gak jelas….gimana gak angry. Masih mending yg jdi komentatornya itu roni patinasarani yg mantan kapten timnas ato sinyo alianddu yg mantan pelatih timnas….meski terkadang perkiraanya mleset tapi mereka adalah orang yg cukup mumpuni di sepak bola daripada si Rop*** yg gak jelas trahnya di silsilah persepakbolaan tanah air. Pernah saya sampe ngekek melihat komentar ato ulasannya di sebuah pertandingan LigEna di layar kaca. Saat itu host-nya nanyain apa yg akan terjadi di babak kedua setelah melihat pertandingan di babak sebelumnya. Sang komentator bilang klo di babak kedua pertandingan akan menjadi lebih terbuka, seru dan mungkin akan terjadi banyak goal yg tercipta. Tapi apa yg terjadi sodara-sodara…….babak kedua memang berjalan seru tapi bola-sepaknya berubah menjadi pertandingan TINJU! Wuedan tenan!!

Menurut sampeyan di kebunnya para serdadu….., kira-kira tanaman gedhangnya banyak yg berbuah pakel gak ya..???

*gedhang = pisang, pakel = sejenis buah mangga, uwoh = berbuah, angel = susah*

Iklan

3 Tanggapan

  1. Bagi orang yang omong asal omong memang iya, …
    Dalam istilah jawa yang lain JAR KONI, Iso ngajar ra iso nglakoni

    Sebenarnya dan seharusnya orang berani bicara karena sudah nglakoni,
    kebanyakan orang hanya bicara apa kata orang,
    gossip yang terus menyebar, tak terbendung., …

    Cerminan masyarakat kita, Bung. sedang gandrung gossip dan issue. …

    Gedhang uwoh pakel, atau Jar Koni sama-sama gossip atau issue yang terus menyebar, …
    Walahu ‘alam.

    Was Salam

  2. @ donkopings :
    Bettuulll….kata sampeyan. Tapi ada sedikit kalimat yg agak ngganjel “ Sebenarnya dan seharusnya orang berani bicara karena sudah nglakoni….” menurutku jga gak harus sedemikiannya, Lha… klo ada orang yg berani bicara ttg kumpul-kebo apa ya harus sudah (pernah) nglakoni kumpul-kebo juga? *he…he.. sori bercanda* Sing penting…..Ojo dumeh lan sing sakmadyo bae.

    *JAR KONI = iso ngajar ra iso nglakoni, klo JAR….RAPAH = Isoh ngajar ra iso melampah (Sikile Pak guru loro-lorone habis diamputasi karna habis ditendang jerapah)*

  3. waduh, iya ya…. tidak seharusnya juga.
    paling ndak yang penting tahu dan mudheng mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: