yang pertama(x)….genesis !!!!

Punyakah sampeyan group band (musik) idola? Aku yakin…sampeyan-sampeyan semua pasti punya (group band idola). Bahkan (mungkin) tidak hanya satu, karena banyak sekali grup band dgn berbagai aliran (jenis) musik yg bertebaran di muka bumi ini. Aku-pun punya beberapa grup band yg kuidolakan. Dan lewat blog-ku ini, aku pengin berbagi dengan sampeyan dan sedikit ngebahas grup-grup band kesukaanku, bagi yg se-aliran silakan dilanjut bacanya, tapi yg gak se-paham gak ada salahnya klo juga ikutan nimbrung buat nambah pengetahuan. Aku (mungkin) akan membuat postingan tentang grup-grup band idolaku dalam beberapa edisi.

Dan yg pertama adalah……GENESIS!! — Grup band ini didirikan oleh Tony Bank, Mike Rutherford, Peter Gabriel, Antony Phillips dan Chris Steward sekitar tahun 1967. Mo tau gimana perjalanan sejarah grup band legendaries ini? Beginilah ceritanya……

1969
untitled-1.gifGenesis merilis albumnya yg pertama yg bertitle “From Genesis to Revelation” . Ada sekitar 16 lagu yg bernuansa pop yg sayangnya gak begitu sukses di pasaran. Ada beberapa lagu di album ini yg menurutku enak tuk dinikmati apalagi bagi sampeyan suka dgn nuansa gitar accustic tempo dulu maka lagu semacam Silent Sun, In Hiding, Am I Very Wrong?, In The Beginning dan One Day bisa sampeyan coba dengar.

1970
untitled-2.gifAlbum kedua yg bertitle Trespass dirilis. Lagu yg paling kusuka di album ini judulnya The Knife, dgn irama art rock yg cukup asyik, apa lagi dengar versi live-nya….wuih..nyamleng tenan! Namun…, ketidakcocokan dalam hal arah musik yg dituju (saat itu Genesis mulai dikenal dgn lagu-lagunya yg bernuansa “gelap”) menyebabkan Anthony Phillips memutuskan cabut. Kondisi ini hamper bikin bubar Genesis. Lewat audisi yg dipublikasikan di majalah Melody Maker masuklah Stave Hackett (gitaris) dan Phil Collins (drummer) yg menggantikan drummer sebelumnya (John Meyhew). Formasi Klasik Genesis dgn susunan Peter Gabriel (lead vocal), Tony Banks (piano/organt), Mike Rutherford (bassis), Stave Hackett (gitar) dan Phil Collins (drum) inilah yg menurutku yg paling dahsyat.

1971
untitled-3.gif

Album ketiga yg bertitle Nursery Cryme. Di album ini ada nuansa baru dgn masuknya Stave Hackett dan Phil Collins….lagu-lagunya lebih “nendang” dan yang paling kusuka The Musical Box. Di versi live-nya lagu ini biasanya dibikin medley.

 1972
untitled-4.gif

Genesis rilis album keempat yg bertitile Foxtrot. Pada masa itu, Genesis semakin terkenal, tidak hanya karena lagu Supper’s Ready yg berdurasi 23 menit dan Watcher of the Skies tapi juga aksi teatrikal kerap dipertontonkan disetiap pertunjukan (konser) -nya. Dua lagu itu memang benar-benar dahsyat, coba aja.

1973
untitled-5.gifAlbum kelima rilis dgn title Selling Englan by the Pound yg tema lagunya sangat sarat dengan kritik politik. Di sinilah untuk pertama kali Steve Hackett menggunakan taknik tapping pada permainan gitarnya. Lagu-lagunya semuanya asyik. Coba aja dengerin Dancing With The Moonlit Kight, gitaran rock-nya Steve Hackett bener-bener yahud…..pertama dengar mungkin terasa aneh tapi lama-lama akan sulit dilupakan. Dengarkan juga permainan piano Tony Banks di lagu Firth og Fift. Dan disinilah untuk pertama kalinya Phil Collins menyanyikan sebuah lagu secara utuh (lead vocal) yaitu di lagu More Foll Me. Di album inilah Peter Gabriel sang lead vocal meng-explore gaya teatrikalnya, terutama di lagu The CinemaShow.

1974
untitled-6.gifGenesis rilis album keenam yg bertitle The Lamb Lies Down on Broadway. Album ini terdiri dari dua keeping yg menceritakan tentang pengalaman seorang imigran dari Puerto Rico bernama Real di Amerika. Seperti yg sudah-sudah setiap Genesis mengeluarkan album pasti ada nuansa baru, terutama dari segi musikalitasnya. Irama-iramanya sangat indah dan kaya dengan warna. Bagi yg beraliran art rock ato progressive rock, inilah album yg harus sampeyan miliki. Ada satu lagu yg paling sangat aku suka yaitu In The Cage, Art/progressive rock-nya dapet banget, apa lagi versi medley-nya….menakjubkan. Meski pada tahun itu Genesis sukses besar namun Peter Gabriel merasa makin tersingkirkan yg akhirnya menyebabkan memutuskan hengkang dari Genesis.

1976
untitled-7.gifAlbum ketujuh bertitle A Trick of the Tail. Sepeninggal Peter Gabriel, Genesis sempat diragukan keberadaanya. Namun ternyata Phil Collin sanggup menggantikan peran Peter Gabriel sebagai Lead Vocal. Selain lagu berjudul sama dgn judul albumnya yaitu A Trick of the Tail, lagu dgn judul Etangled cukup enak tuk didengarkan. Meskipun kadar teatrikalnya menurun namun art rock-nya masih sangat kental teruma di Dance On A Volcano, Squonk dan Los Endos.

untitled-8.gifDi akhir tahun itu pula Genesis merilis albumnya kedelapan yg bertitle Wind And Wuthering. Di Album ini banyak bagian instrumentalnya dgn irama art rock yg lebih nendang dari album sebelumnya dan ada 2 lagu yg cukup manis…yaitu Your Own Special Way dan Aterglow. Permainan piano/organt Tony Banks semakin menonjol, gebukan drum-nya Phil Collins juga smakin kaya dengan bunyi-bunyian.

1977
untitled-9.gifGenesis hanya merilis album live bertitle Seconds Out, dan akhirnya di tahun ini Genesis tinggal 3 personel setelah Stave Hackett memutuskan keluar dari Genesis. Meski hanya bertiga tapi Tony Banks, Mike Rutherford dan Phil Collins gak mo nambah personel, untuk keperluan pertunjukan/live mereka menggunakan additional player.

 

Nah…gimana perjalanan Genesis selanjutnya, ikuti dipostingan berikutnya. Don’t try this at home Eh….Don’t missed it!! — Tubikontinyut (*capek….lanjutin besok yah..*)

11 Tanggapan

  1. kalo gw suka pearl jam.😀,

  2. @ Fourspeedlab :
    Pearl Jam…oke juga, ada lagunya yg kusuka “last kiss dan souldier of love”. Klo blum pernah denger genesis…coba sampeyan dengerin dulu albumnya yg bertitle Invisible Touch(1986) yg (agak) easy listening baru kemudian album-albumnya yg lain, soalnya klo dibanding pearl jam…aransement musiknya genesis lebih njlimet. (*tengkiu komen(g)nya*)

  3. GENESIS wow siapa yang nggak suka, btw pengetahuan anda soal genesis patut diacungi 2 jempol. Saya paling suka ABACAB, MAMA, Just a job to do era 80-an kali yaa.
    Invisible touch bukannya singel Phill Collins seperti You Cant hurry love.
    Apa bang sedadu pernah liat “Cockpit” manggung band itu spesial bawaain lagu-lagu Genesis dan Phill Collin, yang saya inget vokalis nya Alm Fredy Tamaela drumernya Yaya, sekarang kayanya udah bubar.
    Saya request nih, tolong bahas Queen, Kayak dan Allan person Project yang mana aja deh, ditunggu

  4. @ hadi arr :
    Postingan kedu(x) ttg Genesis bisa (sedikit) ngejawab gimana fanatiknya aku sama Genesis dan rencananya (masih digodok) akan ada yg ketiga (*kenapa aku suka Genesis*). Cockpit blum pernah liat langsung cos waktu dulu manggung di kotaku thn 80-an aku msh kecil. Cockpit yg digawangi oleh sendiri Dadan Muchtar, Izal, Oding Nasution, Yaya Muktio, dan Joseph Martam memang Genesis-nya Indonesia dan Fredy Tamaela adalah vocalis cockpit yg menguasai karakter vokal Peter Gabriel dan Phil Collins serta mampu tampil secara teatrikal sesuai dengan style yang diusung oleh Genesis dalam konser live-nya

    Betewe…, soal Queen maybe next tapi yg jelas bukan setelah Genesis cos Queen menempati peringkat ke-3 dari daftar grup band yg kusuka. Yg kedua adalah METALLICA….!!!!

  5. Memang Genesis tahun 80-an bagus lagu2 nya tapi untuk gue sih tetep aja yang lagu2 mereka yang dari tahun 70-an lebih bagus dan unik. Sayang memang mereka tahun 80-an lagu2 nya semua lagu Rock-POP dan mulai beda dari jenis mereka yang asli, Progressive Rock.

  6. @ Drhonk:
    Yup…,sepeninggal Peter Gabriel dan Stave Hackett musiknya Genesis memang lebih “ngepop”, tapi bukan hanya lantaran itu saja…., masalahnya pada akhir 80-an terjadi booming musik2 yg menggunakan “midi” dan Genesis adalah salah satu pelopornya. Nah…dibandingkan dgn grup2 band yg lain yg memanfaatkan “midi” dlm musikalitasnya maka musik Genesis lebih baik. Coba sampeyan dengarkan kembali Genesis di albumnya Duke sampe invisible touch dan coba sampeyan ingat kembali saat album itu untuk pertama kalinya dirilis, apa yg sampeyan dapatkan ???? (*tengkiu*)
    (lanjutkan baca Genesis yg ke-dua(x)ya…)

  7. Yup,genesis mmg yahud! Aq jth cnta sama grup ini ktka duduk di bangku smp dan wktu itu mereka baru merilis ‘abacab’. Nah sjk itulah kutak bisa kelain hati!! Cockpit 2 thn yl main kekotaku tp vokalisnya ga se yahud alm.fredy tamaela. Lmynlah tombo kangen..

  8. kapan ya di indonesia akan ada lagi cockpit…jamannya mendiang fredy, dan beberapa musisi lainnya untuk bawakan lagu-lagu genesis lagi…?

  9. @ WanDuke :
    Genesis tetap nyang pertama, tapihh saya ndak menutup group band nyang laennya. Sekarang lagee demen ama Metallica. Jahh… Cockpit, kapan entuhh pernah nongol di TV acara Zona 80’s.

    @ heru p :
    Cockpit masehh ada Boss. Cuman sampe sekarang saya bru sekali liat di TV. Vocalisnya lumayan mirip suaranya… sayang aksi panggungnya ndak senendang Fredy Tamaela alm.

  10. gw juga suka genesis bgt. padahal umur gw 15. cockpit masih sering maen kok di kafe2 kalo ada genesis nite gitu,.. gw baru bulan kemaren nonton..

  11. @ ghana :
    Genesis nite…???
    Mau donggg…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: