belajar dari permainan catur

Banyak orang memandang permainan catur sangat membosankan. Gimana tidak??? Bayangkan…, gak ada sporter apalagi cheerleader atau umbrella girl, sepanjang permainan pemainnya hanya diem-dieman dan asik dengan pikirannya masing-masing, gak ada body contact, gak ada genderang atau terompet penyemangat pertandingan dan masih banyak lagi alasan yang membenarkan klo catur itu memang membosankan. Tapi jangan pernah pertanyaan itu anda tanyakan kepada para penggemar catur, maka jawaban yang anda dapatkan pastilah bertolak belakang dengan pendapat sebelumnya : Permainan Catur itu sangad mengasyikan. Meski tanpa umbrella girl, cheerleader maupun sporter yang menyemangati bahkan gak ada penontonya sekalipun….. , mereka bisa bertahan sampai berjam-jam. Benar-benar permainan yang aneh. Di sini aku gak mo bicarakan mengapa orang bisa bertahan berjam-jam melototi balok-balok kayu bisu diatas papan segiempat hitam-putih yang disebut catur itu, tapi aku mo coba ngebahas tentang filosofi yg terkandung di dalam permainan catur yang mungkin bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam catur sudah diatur bagimana pergerakan dari bidak-bidaknya, misalnya pion hanya bisa bergerak maju (langkah petama boleh 2 petak setelah hanya boleh 1 petak), menteri/peluncur bergeraknya miring, kuda geraknya menyerupai huruf “L”, Benteng bisa 4 arah tapi tidak bisa miring, ster/patih bisa gerak arah mana aja dan raja/ratu bisa gerak segala arah tapi hanya 1 petak setiap langkah.

Dalam kehidupan…..setiap orang mempunyai peran dan cara hidup masing-masing yang terikat dalam aturan-aturan, baik yg dibuat Tuhan maupun oleh manusia sendiri. So….ikuti aturan dan pahami benar-benar apa peran yang sedang kita mainkan serta seyogyanya kita tahu apa yang seharusnya kita kerjakan.

Dalam catur sebelum memulai permainan kita sudah menentukan cara bermain….. bertahan atau menyerang. Namun terkadang ditengah jalannya permainan ada kalanya kita ubah cara bermain kita karena adanya perubahan situasi dan posisi permainan. Tetapi tujuan tidak pernah berubah yaitu tetap mempertahankan raja kita agar tidak mati atau minimal bisa remis.

Dalam kehidupan…..sedari awal kita harus tetap focus pada tujuan yang telah kita tetapkan dan bagaimana cara meraihnya. Jika ada perubahan situasi dan kondisi dalam kehidupan kita, maka yang perlu kita sesuaikan adalah caranya bukan tujuannya. Tujuan bisa kita rubah jika memang tidak ada cara lain lagi untuk meraihnya (jika tidak mungkin menang maka remis-lah yg kita usahakan).

Dalam catur setiap langkah yang kita buat harus kita perhitungkan benar-benar dan harus selalu mengandung tujuan yang jelas tanpa mengabaikan posisi sendiri ataupun lawan. Pendek kata, tanpa perhitungan yang matang dan tujuan yg jelas maka langkah yang kita buat akan menjadi sia-sia bahkan bisa menjadi blunder yg berujung pada kekalahan.

Dalam kehidupan…. memperhitungkan setiap gerak-langkah kita dengan tujuan yg jelas tanpa melupakan kondisi sendiri dan keadaan sekitar harus senantiasa kita lakukan agar bisa berakhir dengan kemenangan.

Dalam catur kita tidak boleh lengah, apa lagi meremehkan lawan. Meski secara kuantitas jumlah bidak kita lebih banyak dan posisi sudah mau memenangkan permainan tetapi kalo kita ceroboh dan tidak focus maka kesalahan dan kecerobohan akan bisa dimanfaatkan lawan untuk mengambil alih atau merubah jalannya permainan. Karena, lawan akan berpikir lebih keras jika posisinya terdesak dan berusaha melepaskan diri dari keterdesakannya sehingga jika kita tidak focus dan bertindak ceroboh maka kemanangan yang sudah hampir ditangan akan musnah.

Dalam kehidupan….kita tidak boleh bertindak ceroboh dan seenaknya sebelum tujuan benar-benar tercapai. Tetap focus setiap saat dan jangan biarkan situasi/kondisi disekeliling kita mengubah track yang sudah kita bangun susah-susah dalam meraih tujuan. Kekayaan dan kepintaran yang kita miliki bisa mempermudah dalam meraih tujuan hidup tetapi jika kita tidak bijaksana dan salah menggunakan kekayaan dan kepintaran yang kita miliki maka kehancuran yang akan kita dapat.

Dan satu lagi….., pion meski kadang hanya dipandang sebelah mata dan sering diremehkan perannya dalam permainan, tapi pada saatnya pion bisa berubah dan menjadi apa saja jika selamat melangkah dibatas akhir pertahanan lawan.

“Jangan pernah meremehkan orang meski orang tersebut Nobody”

 

31 Tanggapan

  1. MAEN CATUR?? ENGGAK BANGET DEH….MENDING MAEN PS AJA DEH BUAT NGELATIH KERJA OTAK DAN REFLEKS

  2. ….dan besarin jempol.

  3. bener banget, filosophy catur yang bung serdadu paparkan.
    Salut atas tulisannya.

  4. Tengkiu for comment-nya….but tanpa bermaksud merendah, swear Kang….aku bru belajar nulis so sekali lagi tengkiu ya…

  5. Memang banyak filosofi yang dapat diambil dari permainan catur, terutama dari sisi analisis dan perhitungan ke depan, tapi ada satu kelemahan dari pemain catur yaitu seringkali tidak dapat mengambil keputusan secara cepat, karena sudah terpola dan terinternalisir bahwa segala seseatu itu butuh pemikiran yang lebih dalam sehingga terlambat dalam pengambilan keputusan, meskipun mungkin hasilnya jauh lebih baik karena melalui proses lebih lama. Yang perlu disosialisasikan adalah bagaimana setiap pemain catur ketika bermain sudah ditentukan waktunya dengan sendirinya adalah selalu menggunakan jam catur ketika mereka bermain. Disini berarti pemain dipaksa untuk mengambil keputusan lebih cepat. Jika hal ini bisa dilaksanakan pada setiap permainan catur dengan sendirinya akan mempengaruhi perilaku kehidupan yang serba penuh persaingan ini dan tentunya ke depan akan meningkatkan mutu permainan catur itu sendiri. Gens Una Sumus ! ( Kita adalah satu keluarga )

    • KATA2 Pujangga: ” Kehidupan ini seperti main CATUR. perlu ada pengorbanan yg tinggi. dlm CATUR, kdg2 QUEEN perlu dikorbankan demi utk kemenangan. BIDAK yg masih bertempur akan menjadi QUEEN semula. MATI hidup semula,” … bgtu juga dgn manusia, kita akan dijemput nnti, dan kita akan dibangkitkan semula di padang mahsyar.

  6. @ Purwadi Auf :
    Ambil yg baik buang yg buruk… ocree..???

  7. filosofi yang baguss….
    memang dalam menggapai tujuan hidup kita harus selalu fokus, memiliki strategi, pantang menyerah, kerja keras dan pasrah.

    bravo!!

  8. @ tody :
    Begetoo-lah…
    Meski hanya sebuah permainan… tapi kalo kita bisa ngambil “maksudnya” (baca: filosofi-nya) maka itu akan sangat bermanfaat.

    *tengkiu tlah berkenan mampir..*

  9. pikir sebelum bertindak!!!!!!!

  10. wah, aq pengen banget jago main catur!! lumayan, buat nambah IQ (iya gt???).. trus make waktu, supaya lbh berguna lah!!! wkwwkwkwk.. (walaupun sama adik aja saya sering kalah…)

  11. @ feli :
    Mungkin… catur itu lebih tepat buwat belajar supaya kita bisahh lebih focus (konsentrasi) dalam segala hal. Soal nambah IQ.. pake main catur… saya belum pernah dengar tuh..

    Btw… tengkiu yakk…tlah berkenan mampir.

  12. catur tu asik tp kpn2 kasi trik biar menang donk…………….

  13. hm…. catur emng ngedidik tiap hr gw maen catur mlulu…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! alah…………………..

  14. ada yang bilang hidup bagaikan permainan catur
    kita manusia sebagai bidak-Nya dan Tuhan sebagai Pemain catur tunggal
    tapi jika memang semua hidup ada di bawah permainan Tuhan
    lalu kenapa yang salah harus dihukum di dalam neraka-Nya
    salam kenal

  15. @ sudhew :
    Kan sama Kang… dalam permainan catur kan juwega demikian. Ketika kita kalah, maka kita ndak isahh melanjutkan ke permainan berikutnya atau elo rating kita juwega akan turun. Dan inilah hukuman dalam permainan catur.

    Kalo Tuhan menghukum nyang salah ke dalam neraka-Nya… maka ituhh emang sudah menjadi aturannya-Nya. So…. berusahalah jangan sampai “salah” biyar ndak masuk ke neraka-Nya. Demikian juwega dalam permainan catur, jangan sampai kalah biyar ndak dapat hukuman. (pengurangan elo rating, misalnya.)

    *salam kenal juwega n tengkiu tlah berkenan mampir*

  16. hello kawan!!

    tahukah anda ! catur memang bisa menambah IQ, rata-rata anak sekolah yang bisa main catur, biasanya selalu dapat ranking di sekolahnya, saya punya 3 orang putri dan bisa main catur, prestasi disekolahnya selalu juara, dan putri sulung saya sekarang kuliah di kedokteran tkt 4.

    satu lagi manfaat catur, jaringan tubuh kita akan lama “soak”nya dan main catur juga obat “pikun”, klo kita tanya ama dokter. “dok, apa sih obat supaya jangan pikun?”, dokter akan jawab “berfikir!!”, jadi dgn main catur kita berfikir yang terpola,,

    catur itu indah bagaikan “musik”,nikmat bagaikan “cinta”, bagiku dunia ini akan sepi tanpa permainan CATUR..

    oke deh! bagi anda yang ingin menjadi pemain catur yang tangguh, silahkan belajar diblogku http://belajarcatur.blogspot.com , semua rahasianya akan anda temukan disana..bye bye..

  17. sangat mengasikkan bermain catur, yang paling aku suka pembukaan center attack, yang serangannya langsung menusuk pertahanan lawan. atau 4 kuda pembuka juga sering aku mainkan sebagai pembukaan awal dalam memulai permainan catur

  18. hem catur sebagai filosofi ini sangat menarik sekali,apalagi di praktekkan dalam kehidupan sehari2i pasti sangat menarik sekali ,apalagi kan catur menggambarkan kehidupan

    saya ingin bertanya pada anda semua apakah dunia ini adalah permainan seperti catur karena kabanyakan teman saya menganggap dunia itu bukan permainan tapi kok saya berbeda pendapat mengenai dunia adalah permainan ,karena kita memang lagi main kan di dunia ini

  19. dia itu s jadi gila dengan catur. dia itu beken bmci sx. bo gara-gara catur beken banyak yang m byar. padahal s tdk ada doi.

  20. salam nabumu…:-D
    saya doyan skali dengan catur jadi kalo kalian ada trik bagaimana main catur yang benar tolong di emailkan ke saya. oK? sebab catur adalah bagian dari hidupku. biarpun tak ada pacar yang penting main catur….

  21. ana benci sx t halid itu, dia orang biluango yang panako sx baru lagi losing.

  22. maen catur itu enak bego emang sih enakan maen ps ato maen cewek tapi tetep aje maen catur itu enak

  23. MAIN CATUR POKOKNYA PALING ASIK BUAT AQ.

  24. Gw stju banget ma yg punya toeh tulisan di atas. Catur toe emang spt jalan kehidupan kta di dunia. Tujuan kta hdup kn buat dpt ksuksesan. Nah, dalam usaha mraih hal itu bnyak jga yg hrus kta lewati. Rintangan lah. ancaman lah. Toe smwa kta hdapi dgn otak.
    So. . . Catur buat gw the best of the game.

  25. bisa gk kluarin cara/ trik2 yg mematikan dan lbih kpd cara bermain nya…

    tnx..

  26. merinding😉

    tambahan: dosa akan mengurangi umur, tak ada langkah sempurna, harus ada yg dikorban kan, pasti ada akhir.


    Via MebApp.com

  27. klo istilah “zugswang” di permainan catur teh apa artinya?trus gmna cara kluar dri posisi itu?

  28. Setuju… terimakasih banyak atas tulisannya… insyaAllah bermanafaat… Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: