Tips menyelesaikan masalah yg berjibun…

Jahh… namanya juga orang hidup…. pastilah punya masalah. Bahkan tanpa diundang-pun… masalah2 itu dgn senang hati dan tanpa perasaan akan menghampiri setiap saat.. setiap waktu.. dan selamanya… sampe jasad masuk ke liang lahat. Saking berjibun dan begetoo bertubi-tubi sangat… biasanya akan keluar kata2 makian… like anjingkurap babingepet badakberculasepuluh kadalbuntung dan sejenisnya… yg kemudian akan diakhiri dgn kata2 merdu… “Auw Ahhh…,Gelap..!!!”. Nahhhh… buwat mensiasati agar masalah itu gak beranak-pinak sesuka udel-nya sendiri bisa diselesaikan dgn sukses tanpa ketumpahan wedang jahe… berikut ini ada mp4 player Tips manakala sodara-sodara menghadapi masalah yg audzubillah banyaknya… dan begenelah bunyi tips-nya….. *ceklek*

1. Kenali Masalah
Boleh dibilang penyebab utama dari “Auw Ahh… gelap”… adalah karena kita gak mengenali dgn benar2 masalah yg sedang kita hadapi. Artinya kita lemah dalam penganalisaan atau gak pandai mengidentifikasi masalah, akibatnya… sesuatu yg sebenarnya bukan masalah dianggap masalah (atau sebaliknya), masalah serius dianggap remeh, masalah remeh dianggap serius, bahkan… sebenarnya gak punya masalah… malah merasa punya masalah… Karena masalah itu gak bisa mengenalkan dirinya sendiri…. so kita-lah yg harus pro-aktif berusaha mengenalinya… Gemana mau menyelesaikan masalah…. kalau kita sendiri gak tau masalahnya itu dimana ??!!… Untuk itulah maka… melatih diri untuk mempertajam kemampuan “peng-analisa-an” masalah yg dihadapi hingga setajam silet harus dilakukan.. biar bisa tetap tersenyum sangar meski sedang dikerubungi laler masalah.

2. Klasifikasikan Masalah dan bikin prioritas
Gak hanya hewan/tumbuh2an ajah yg perlu di-golong2-kan / di-klasifikasikan menurut sifat2 biologis atau fisiologis… masalah-pun perlu untuk diklasifikasikan atau dipilah-pilah. Selain (mungkin) berdasarkan sifat-sifatnya .. yg gak boleh dilupakan adalah… kita harus bisa mengklasifikasikan masalah2 tsb menurut tingkat ke-urgen-annya sehingga menjadi sebuah daftar urutan… dari yg sangat penting sampe yg gak penting… dan itu sangat penting dilakukan biar kita menjadi tahu mana yg penting untuk diselesaikan terlebih dahulu dan mana yg gak penting sehingga bisa kita abaikan. Lantas gemana caranya mengetahui masalah mana yg harus dieksekusi pertama kali…??? Begenee…. apabila masalah itu… jika gak cepat diselesaikan bisa bikin malapetaka/kematian dalam tempo jang sesingkat-singkatnya… maka masalah yg demikianlah yg digolongkan mempunyai kadar prioritas nyang paling tinggi dan harus ditempatkan diurutan yg pertama (dgn cara yg sama kita dapat mengetahui urutan berekutnya… dst… dst… dan seterusnya.) Jadi… bukan masalah yg paling mudah diselesaikan yg ditempatkan pada urutan pertama tapi yg punya resiko yg paling besarlah (mendesak) yg diprioritaskan untuk diselesaikan. Percayalah… jika pandai menyusun masalah2 yg ada maka… dari 10 masalah yg kita punya sesungguhnya hanya 3 aja yg perlu kita selesaikan..

3. Eksekusi masalah
Dalam meng-eksekusi masalah… perhatikan kemampuan. Kalo gak bisa.. nanya atao minta bantuan. Kedewasaan dalam melihat dan menyikapi suatu masalah harus senantiasa ditingkatkan. Akan sangat percuma… apabila kita hanya pinter aja tapi gak punya kedewasaan babar blas. Kepinteran dan kedewasaan harus seiring-sejalanlah… biar masalah bisa diselesaikan dgn tuntas…tas…tas…. (Karena biasanya masalah itu saling kait-mengkait maka begetoo simpul utamanya sudah berhasil dibuka… maka nyang lainnya bakalan mudah untuk diselesaikan so.. bisa jadi jika 3 masalah yg paling atas berhasil dieksekusi dgn sukses…. maka 7 masalah yg laen akan hilang dgn sendirinya digilas oleh sang waktu).

4. Waspadai munculnya masalah baru
Mungkin… sementara kita sedang menyelesaikan masalah akan muncul masalah nyang baru lagee… maka kita harus selalu mewaspadainya. Seandainya masalah yg muncul itu mempunyai resiko yg besar… jangan ragu-ragu untuk mengubah daftar urutan prioritas yg sebelumnya telah kita susun. Yang bagus sih… emang seperti tag iklan-nya pegadain itu lho… “menyelesaikan masalah tanpa masalah”. Walhasil… dgn kita selalu waspada maka kita akan menjadi lebih focus dgn hidup dan kehidupan kita. Bahwa hidup itu akan selalu ada masalah itu sudah pasti… tapi memenuhi hidup kita dgn masalah akibat dari tindakan bodoh yg kita lakukan… adalah sebuah kebodohan yang sangat bodoh. Jadi… waspadalah… waspadalah… !!!

5. Jaga semangat dan jangan pernah putus asa
Bunuh diri… minggat dari rumah… mabok-mabokan… nginang nginex… menggunakan narkoba… selingkuh… atau tindakan bodoh lainnya cuman karena ingin lari dari masalah… adalah sebuah kesalahan. Menghadapi setiap masalah dgn penuh semangat dan menjauhkan diri dari keputusasaan merupakan langkah yg bijaksana. Jahh… semua masalah pasti ada jalan keluarnya… so mengapa mesti cari pelarian..???

6. Sabar , tetap tenang dan selalu berdoa
Gak perlu dijelaskan…. sudah sangat jelas toh..???!!

Semoga bermanfaat.

Iklan

12 Tanggapan

  1. tips yang bagus, bung serdadu. makasih sudah mau sharing dan berbagi. tips ini saya kira akan banyak manfaatnya ketika kita dihadapkan pada berbagai masalah yang sering muncul di tengah2 dinamika kehidupan kita.

  2. @ sawali:
    Tengkiu Pak…

  3. Thanx, sir. Good advice…. Smoga tidak semakin banyak orang stress setelah membaca tips tersebut.

  4. Thank”s ya . . . . bagus ko saya angkat topi buat anda

  5. yah makasih ia…tas tipsnya..bagus kog…

  6. Mkasih y pak ats tipsx….

  7. Sudah aku baca Pii

  8. mudah2n terselesaikan dengan baik,,
    😦
    🙂
    :p
    😀

  9. kalau…masalah awalnya karena CINTA dan putus krn CLBK… sedangkan posisi sudah bersuami ….. ???bagemanaaa???? Butuh masukkan ….
    Padahal sadar Ko… klo sebelum CLBKnya bersemi…status bukan single….
    Sadar juga …. kalo ini salah …
    Tapi …. Cinta …. haduuuuuh ….

  10. haaaahahahah… ketawa juga cara mengatasi suntuk looo.
    arsip yg sngt brmanfa’t mas pas sy lg bwenner2 nyuntuukk! hwueeehhhhh…

  11. hebattt di coba y enakny + do’a x y

  12. maksih ataz tips ny..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: