Sebuah Sejarah…

…dan sejarah itu kembali berulang.
Meski ndak sama persis… tapi boleh dibilang mempunyai kadar kemiripan nyang cukup tinggi. Jahh… akhirnya emang sejarah kembali berulang…

Bak babat kisah zaman baehula… dimana hanya karena ngelihat betisnya Kendedes nyang semlohen bersinar, sampai-sampai Ken Arok menghalalkan segala cara nyang sudah jelas-jelas ndak halal agar dapat berlama-lama melihat plus mengelus betisnya Kendedes secara keseluruhan… ndak hanya sekilas info aja, padahal saat itu mereka (Ken Arok&Ken Dedes-red.) bukan muhrimnya. Akibat dari ngebetnya keinginan Ken Norton Arok nyang didukung sepenuhnya oleh Keris Made-in Empu Gandring… maka tersebutlah sebuah sejarah pembunuhan penusukan berulang-ulang sampai ingtay 7 keturunan include Ken Arok, nyang sangat terkenal bahkan….. anak SD aja tahu…!!!!

Sejarah… menurut bahasa Indonesia dapat berarti riwayat kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi [definisi diambil dari sini]. Begitu banyak manfaat nyang bisa diambil dari sejarah. Ndak hanya sejarah nyang baek-baek aja… tapi nyang buruk, pahit dan kelam-pun dapat memberikan banyak manfaat manakala itu (sejarah nyang buruk, pahit dan kelam) bisa dijadikan pelajaran agar ndak berulang di masa nyang akan datang.

Negara sebesar dan sejlimet semegah Indonesia… sudah tentu mempunyai sejarah. Jika menegok kebelakang kalo melirik kesamping maka begitu banyak sejarah nyang melingkupimya. Seperti nyang Saya sampekan di awal… bahwa banyaknya kejadian aneh di negeri ini… kalo dilihat dgn seksama… banyak nyang merupakan daur ulang dari kisah sejarah di masa lampau. Anak mbunuh ortunya, ortu mbunuh anaknya, demikian juga dgn kejadian saling menjatuhkan dgn cara nyang gak beradab, pelecehan sexual nyang gak masuk nalar…dll..dll..dan lain-lainnya… seakan sebuah pengulangan dari kisah Ken Arok di masa lampau. Jahh… meski ndak sama persis… tapi boleh dibilang mempunyai kadar kemiripan nyang cukup tinggi.

Dan Saya-pun… juga punya sejarah. Walau ndak sedahsyat dan serumit sejarah perjalanan bangsa ini atau sedramatis sejarah singosari… tapi dapat dikata juga mempunyai kadar kemiripan nyang amat sangat rendah alias ndak ada hubungannya sama sekale dgn ilustrasi di atas… meski bisa disebut sejarah juwega karena terjadi di masa lampau dan sungguh2 terjadi…(sory…maksa!).

Begetoo mendarat di Yk… langsung saya nyare ojek di depan gapura bandara. Dari situlah sejarah saya dgn bapak tukang ojek kembali berulang…. tepatnya hampir berulang. Bapak tua dgn jaket merah berkendaraan Honda th. 70-an kembali menghampiri saya dan menawarkan jasa angkutan. Jahh… jelas saya tolaklah. Saya ndak mau sejarah nyang dulu berulang[baca: Review Hiatus].

Singkatnya saya milih nyang lebih mudaan… baik dilihat dari sudut usia pengojeknya maupun kendaraan nyang dipakainya. Sayangnya saya lupa bahwa “kesontoloyoan” ndak saya masukan kedalam kriteria… akibatnya saya mendapatkan tukang ojek sesontoloyo Bapak tua dgn jaket merah berkendaraan Honda th. 70-an bahkan nyang ini lebih sontoloyo lage…

“Wadohhh… hakok mati…??”

“Kenapa Kang..??”

“Bensinnya habis kale Pak…”

“Hahhh..???”

“Tuh… bener kan Pak… bensinnya habis. Bapak tunggu sini aja yahh.. saya beli bensin dulu..”

“Wuueehhh enak aja… ndak mau… saya nyari ojek nyang laen aja…”

“Gemana kalo pake teman saya aja Pak…??”

Saya ndak njawab… cuex jalan sambil nahan nduongkol seraya bergumam di dalam hati… “Kang…Kang… saya tau kalo bensin itu sekarang mahal…. tapi mbok yao kalo sudah menetapkan diri jadi tukang ojek… yaa yang niat dikit to … masak sampe kehabisan bengsin di tengah jalan seh…”

Sekale lage…. walau ndak sedahsyat dan serumit sejarah perjalanan bangsa ini atau sedramatis sejarahnya Ken Arok… tapi apa nyang saya alami kemaren adalah sebuah sejarah (juga)….!!!

*****

PS.
Nyang namanya sejarah… meski itu buruk, pahit dan kelam-pun dapat memberikan banyak manfaat manakala itu (sejarah nyang buruk, pahit dan kelam) bisa dijadikan pelajaran agar ndak berulang di masa nyang akan datang…. tapi kalo bisa neh… marilah kita ciptakan sejarah nyang baik-baik aja. tq.

5 Tanggapan

  1. hallo Serdadu, pa kabar nih?

  2. Kabar baek… sebaliknya..???

  3. setiap orang selalu bisa membuat sejarah bung serdadu. bahkan ada yang bilang setiap orang bisa menjadi besar karena zamannya. dan setiap zaman akan membawa sejarahnya sendiri2.

  4. ada yang bilang, sejarah ditulis oleh yang menang ­čśÇ

  5. @ sawali :
    ..dan sejarah saya dgn si tukang ojek itu benar2 ndongkolin.. Pak.

    @ itikkecil :
    …dan sejarah saya nyang nulis saya sendiri.

Tinggalkan Balasan

