Esokkan masih ada…

Merpati nyang saya tunggangi naiki mendarat dgn aman setelah hampir satu setengah jam melayang-layang di udara. Kalee ini Merpati ndak ingkar janji…

Seperti saat saya balik ke Yk…, kepulangan saya ke Makassar hari ini lancar bin aman. Sambil ngedengirin lagu2 nyang ada di mp4 merk audi made in japan nyang selama ini selalu setia ngedampingi saya kemanapun saya pergi… sementara mata saya juwega asyik menyusuri deretan kata di novel berjudul “The American” besutan Andrew Britton membuat saya serasa di caffe ndangdut perpustakaan nyang full musik… bukan di perut burung besi nyang suka nenggak jhoni walker avtur ber-drum-drum. Sebenarnya masih ada 2 novel lagee nyang saya beli di Yk kemaren, “The Rule of Four” karangan Ian Caldwell & Dustin Thomason serta “My Life as a Fake” karya Peter Carey… tapi untuk menemani perjalanan Yk-Mks, saya milih “The American”. Andai aja… kumcer-nya Pak Sawali saya dapatkan, pasti kumcer-nya beliau nyang saya baca.

Satu setengah jam melayang-layang di udara…???!!! Hoowekkk… sejujurnya saya tadi ndak liat waktu dan ndak monitor ketinggian. Apakah nyang disampekeun Pak Pilot sesuai dgn nyang diomongkannya bahwa Yk-Mks akan ditempuh dlm tempo nyang sesingkat-singkatnya satu jam lebih 30 menit dan terbang pada ketinggian sekian ribu kaki gajah di atas permukaan laut atau ndak.. saya ndak tau. Nyang jelas… biasanya, biar keliatan cepet nyampe, maka lagu nyang bergenrekan rock nyang slalu saya dengarkan setiap saya terbang. No mellow.. apa lage lagu nyang iramanya sendu mendayu-dayu bak buluh perindu menyayat kalbu… phuuiiihhhh.. kagak banget dahh!!!

Yupp… singkatnya sekarang saya dah nyampe di my second home, Makassar. Ngantor… ngernet ngenet… ngeblog… ngelamun… ngeleh ngelak ngelu ngerumpi bakalan jadi rutinitas saya kembali, sembari nunggu kesempatan dalam kesempitan balik ke Yk lagee. Benar kata orang… menunggu itu membosankan..!!!

“Haiii… wake up man…!!! Hidup itu perjuangan. Ini hanya sementara… esok pasti akan ada saatnya dikau tersenyum nyang sesungguhnya tersenyum bukan senyuman semu seperti nyang selama ini sering dikau lakukan. Ndak ada guna dikau meratapi nasib. Jalani ajahh… ndak usah banyak cing-cong ngeluh coz… ngeluh itu is such banyak makan energi. Berinovasilah agar menunggumu ndak membosankan. Ciptakan banyak pilihan… jangan hanya memilih pilihan nyang sudah ada. Ndak usah terpengaruh dgn pilihan nyang dipilih orang lain, karna dikau adalah dikau bukan dia… mereka… atau siapapun itu. Dikau ya dikau…. titik!!! ndak pake koma …” begetoo kira2 kata-kata mutiara penyemangat diri nyang sering saya ucapkan kepada diri saya sendiri manakala diri saya lagee ndak punya gairah seks semangat…

Dan bagekan sinetron Indonesia nyang sering kali dihiasi dgn banyak kebutulan, tiba-tiba makbedunduk… lantunan lagu Utha Likumahua jadul mengalun, seolah-olah tau kalo saya lage ill feel butuh disemangati. Berlahan alunannya tapi cukup nendang juwega. Begenelah syairnya…

…Tuhan pun tahu hidup ini sangat berat
Tapi takdir pun tak mesti slalu sama
Coba-coba lah ingatlah sejenak… anganmu
Esokkan masih ada… esokkan masih ada.

Huuuaaaaa…. Haaa.. haaa… saya jadi tereangat obrolan dgn mantan guru sma saya sewaktu kemaren saya secara kebetulan ketemu dgn beliau ketika sama-sama besuk temen saya nyang habis keluar dari penjara rumah sakit di Klaten…,” Itulah… kenapa Garuda Pancasila Lambang negara kita memalingkan mukanya dan ndak berani menatap gagah kedepan… kamu tahu apa sebabnya…???” tanya ibu guru nyang dulu sewaktu di sma beliau ngajar PMP. ” Karena Sang Garuda malu melihat perisai nyang ada di dadanya ndak isah diwujud-wujudkan sampe sekarang”… begetoo ibu guru menjawab pertanyaan nyang diajukannya sendiri tadi. Arrrggghhhhh… mengingat raut wajah ibu nyang penuh semangat meski sudah berumur, membuat saya jadi ndak ada alasan untuk tidak bersemangat.

Jahh… esok akan selalu masih ada

4 Tanggapan

  1. pernyataan bu guru pmp itu cukup kritis dan mengena, bung serdadu, hehehehe 😆 meski demikian, saya kalau boleh berharap sang garuda menatap ke depan, penuh optimisme, gagah berani *halah* dan sanggup menunjukkan pada dunia bahwa perisasi di dadanya itu bukan sekadar lambang dan jargon belaka.

  2. lha tak kirah nebeng suparman…. 😛

  3. pulang kampung ceritanya.. asyik kan berlama lama nunggu

  4. @ sawali..:
    Bahkan sangat mengena Pak…
    Meski hanya berkelakar… tapi emang “joke”-nya beliau sangat sarkastik dan menohok sangat. Entah sampe kapan “Sang Garuda” terus memalingkan mukanya….

    @ Abeeayang :
    Alhamdulillah… saya rajin menabung.

    @ kw :
    Sangat mengasyikan dan….. memuaskan. 😆

Tinggalkan Balasan

