I Love You…!!! (nostalgia)

Apa jadinya dunia ini jika ndak ada musik…?? Jahh… nyang jelas dunia inihh ndak bakalan asyik. Kita-pun jadi ndak bisa relax… ndak isahh uro-uro… bahkan bisa jadihh… banyak orang nyang kena darh tinggi… trus stroke… kemudian lewat dah…

Bagi saya… musik beserta turunannya sudah menjadi “menu wajib” nyang harus saya santap tiap harinya. Alhamdulillah-lah… saya termasuk orang nyang diberikan pendengaran nyang bisa menerima jenis musik apapun. Dari nyang lembut mendayu-dayu bak buluh perindu sampai nyang keras kedombrengan memekakkan gendang telinga, dari nyang superr njlimet… njlimet… agak njlimet… sampai nyang ndak njlimet sama sekali… bisa saya telan semuanya dgn teramat sangat mudah. Emang benar…. saya adalah fans beratnya group band inihh… tapi sebenarnya saya ndak pernah anti dgn group band nyang lainnya. klo ndak percaya… silakan baca di sinihh.

Pokoke… I Love You-lah… musik !!!

Well…. Rasanya saya harus mengucapkan terimakasehh pada dua Ibu Guru TK saya duwelu nyang namanya Bu Tarmanto dan Bu Ranti… nyang ngenalkan saya pada lagu anak2 jadul seperti… “Gilang Si Patu Gilang & Friend’s…”. Kemudian kepada Pak Guru Seni Musik waktu SD (Pak Soetrisno) nyang tlah ngajari memainkan alat musik… suling… pianika & kolintang serta Ibu Sumiati… nyang ngebuat saya bisa nembang Pocung… Dandanggula… Megatruh… Gambuh… Pangkur dll. Trus tremakaseh saya juwega saya ucapkan kpd Pak Guru Karawitan semasa SMP (Pak Kuwadi)… nyang tlah ngenalin cara mainkan “Bonang Penerus” dan alat musik karawitan nyang lainnya.

Tengkiu nyang sebesar-besarnya… Bapak dan Ibu semua tlah membukakan wawasan bermusik saya. Semoga… ilmu bermusik nyang Bapak/Ibu berikan kepada saya…. bisa jadi amalan bagi Panjenengan.

Berkat Bapak & Ibu… saya bisahh berolah vocal
Berkat Bapak & Ibu… saya juwega bisa memainkan beberapa alat musik
Dan nyang jelas…. Berkat Bapak & Ibu… saya bisa terhindar dari tekanan darah tinggi plus serangan stroke di usia muda…

Tuhan… berikan pahala nyang buuuwaanyaakkkk… buat Beliau-Beliau… karena… ilmu itu masih saya gunakan sampai sekarang

***

Ada jembatan keledai nyang diajarkan Pak Soetrisno (Guru Seni Musik waktu SD) nyang masih saya ingat sampai sekarang ttg “Tangga Nada”. Seperti diketahui… solmisasi atau nada-nada itu jumlahnya ada 7 yaitu

C D E F G A B C

Saking susahnya ngapalin nada dasar-nya apa jika di kress (dinaikan/#) dan nada-nada apa ajahh nyang di-kress… maka Beliau ngajarin jembatan keledai nyang bunyinya beginihh…

“Gudheg Djogja Amat Enak Banyak Fitamin Cis….”

jadi jika 1# itu nada dasarnya G=do, 2#… D=do … dst (baca huruf pertamanya)

Nah… kalo G=do… itu nyang di kress (#) itu nada apa…. Maka Beliaunya mbuat jembatan keledai seperti inihh…

Fatimah Cantik Gadis Desa Amat Elok Bukan…??

kalo G=do itu… nyang di-kress (#) adalah nada F…, D=do.. (2#) nyang di- # adalah nada F dan C…dst.

Dgn begitu…. pelajaran menghapal itu jadi lebih mudah.***

Trus ada lelucon Beliau nyang masih saya ingat… yaitu ketika beliau menyuruh membahasa-inggriskan (ala “transtool”) kalimat… “Harimau hari dua gadis (sedang) belajar”… kata Beliau kalo di inggriskan jadinya begini… “Tiger day two girls learn” (baca: taige-de-to-gel-len)…. Huaa…haa…haa… (** dagelan nyang jorok tapihh menyegarkan…:mrgreen: **)

****

“Besenggamalah dgn musik… biar sodara-sodara ndak bludreg”

12 Tanggapan

  1. Farrell diajari musik gak pak?

  2. wah, salut juga, bung serdadu masih sempat2nya bermain musik. melalui seni hidup jadi lebih indah dan sarat sentuhan kelembutan. musik juga universal, bung.

  3. @ Itikkecil :
    Rencana mo saya les-kan musik. Klo ditanya… dia mo-nya belajar main Drum. Sementara ini dia masih asyik main PS:mrgreen:

    @ sawali :
    Ahh Bapak….
    Just hobby ajahh kok Pak…. Ehh… tapi musik emang bisa jadi terapiihh nyang mengasyikan.

  4. dunia tanpa musik gimana jadi nya ya??
    No Musik..No Live:P:P

  5. 🙂 musik memang bikin hidup makin hidup. Salut tuk pak guru yang ngajarin musik dgn metode Jembatan keledai… Coz metode yg sama jg lilis terapkan tuk ngajarkan kimia “unsur2 dlm sistem periodik unsur” dan siswa emang lbih mudah ngerti, coz dulu lilis jg d ajarin guru lilis dgn metode tsb.

  6. Jagowan sayah, si AXL dibeliin maenan drum kecil umurnya cuman 2 hari.
    Abis ituh dia sibuk mukulin rantang sama wajan lagee….

    😆

  7. @ mia :
    Yup… begitulah kira-kira. Musik selalu bisa bikin semangat.

    @ lischantik :
    Pak Guru nyang inihh… dulu klo ke kantor naik Moge (BSA)… nyentrik… badanya juwega gedhe… trus berkumis. Beliau adalah salah satu guru favorit saya waktu SD duwelu. Sayangnya…. sekarang beliau udah wafat.

    Jahh… semoga beliau di alam sana… mendapat tempat nyang paling mulia disisi-Nya.

    @ Mbel :
    Huaaa…hhaaa…haa… si AXL… emang sangat berbakat:mrgreen:
    Jadi kapan AXL dibeliin drum nyang gueedhee… 😆

  8. heheheeh ijik kelingan wae kaman kt msh SD yo dab..aku biyen pegang pianika🙂 pak Soetrisno, bu Sumiyati..ama pas smp pak Kuwadi haha aku biyen turu nek karawitan🙂

  9. @ logamberat :
    Kowe karo Pak Kuwadi ki meh padha Dab…. Melek-o…yo kaya wong turu…:mrgreen:

    SD karo SMP ki pas sregep2e dadi murid…. mangkane akeh sing ijik nyanthol😆

  10. “Kowe karo Pak Kuwadi ki meh padha Dab…. Melek-o…yo kaya wong turu…

    SD karo SMP ki pas sregep2e dadi murid…. mangkane akeh sing ijik nyanthol ”
    —————————
    Pa,,Pa,,
    Apa ArtinYa tuh???
    ehehe,,ga ngerTi,,yang view BlOg bapa kan bukan cuma suku jawa aza nih,,ada ORang Luar suku JAWA nya..
    heheheheh:P:P

  11. @ Mia :
    Sekali-kali kangen2an ama temen SD-SMP ndak papa kan..??!!:mrgreen:

    Itu terjemahanya : Dia (si-logamberat) dan Pak Kuwadi hampir sama… bagunpun (mbuka mata) kaya orang tidur (dua2nya matanya sipit). Waktu SD-SMP saya masih rajin2nya belajar… jadi masih banyak nyang masih inget (sampai sekarang).

    Begitulah terjemahannya… Jadi jelas yakk.. anak2..😆
    ***Walahhh… kayak pelajaran bhs Indonesia ajahh..***

  12. @serdadu95

    Huahahaha aku malah wis lali rupane pak Kuwadi ky apa😀

    @Mia

    serdadu95 ini kebetulan tmn 1 kelas dari SD-SMP, bedanya beliau ini rajin dan sll jd juara kelas & ketua OSIS..lha klo sayah sibuk “menakalkan diri” hehehe, slam kenal🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: