Discipline, On Time dan Clean

Tugu inihh ada didepan lapangan tempat kami biasa apel. Hampir setiap hari saya melihatnya. Saat datang… saya lihat bagian nyang terpampang di gambar, saat pulang… bagian sisi belakang plus sisi nyang searah dgn jalan didepan gedung Panglima. Kadang-kadang juwega saat pulang… sisi nyang terpampang di gambar ituhh saya lihat kembali. Keempat sisinya sama persis. Jadihh ada 4 buah jam, 4 lambang kesatuan saya dan 4 buah sisi nyang ada slogan-nya : Discipline, On Time dan Clean.

Pusatkan perhatian sodara-sodara pada deretan kata nyang ada di bagian tengah ituhh…. Sudahkah..???

Discipline, On Time, Clean“… inihh merupakan penekanan dari Kepala Staff Angkatan Udara, Marsekal TNI Chappy Hakim (25/04/2002 – 23/02/2005). Kurang lebihnya… slogan ituhh untuk mengingatkan… khusunya para serdadu Angkatan Udara, seperti saya inihh dan umumnya kepada siapa ajahh nyang membacanya. Kalo sodara-sodara datang ke Pangkalan TNI AU, dimanapun ituhh….. jika lagee beruntung… sodara-sodara akan mendapatkan “berkah“… diingatkan untuk selalu bisa Disciplin, On Time dan Clean dalam ber-apapun. Dan kalo sodara-sodara telah nge-klik webblog saya inihh maka berterimakasihlah kepada saya … berarti sodara-sodara termasuk nyang mendapat berkah itu. Selamat ! (**haiiyaahhh…**)

Discipline. Kata nyang satu inihh emang sangat akrab ditelinga dan beredar luas di kalangan para aparat. Pendek kata… dari serdadu nyang pangkatnya paling rendah sampai nyang tertinggi… semuanya dah pada ngerti. Masalah memahami atau cuman sekedar teu artinya… (dan) kemudian njalankan ato ndak njalankan… ituhh tergantung kesadaran masing-masing.

Nyang jelas… dgn masih banyaknya para serdadu nyang terkapar, tersendat karier-nya atau menemui berbagai macam kendala karena berurusan dgn nyang namanya “Discipline” inihh… membuwat saya ndak mau bermasalah… hanya karena ndak disiplin. Tentu ajahh dalam segala hal. Ndak cuman nyang berkaitan dgn masalah karier, jabatan atau apapun ituhh nyang ada hubungannya dgn dunia perserdaduan. Tapihh semuwanya.

***

On Time. Nyang namanya berurusan dgn waktu ituhh emang sangat susah. Sekali-dua kali.. mungkin bisahh, tapihh kalo dah menyangkut “konsisten“… terkadang ndak berumur lama. Kalo pathokannya cuman apel tepat pada waktunya sehh mudah… tapihh kalo “On Time” dalam segala hal… fyuuuiihhh…. ndak semuwa serdadu bisahh nglakuin. Saya…?? Wahh… saya termasuk salah satu nyang masih bermasalah dgn ngejaga ke-konsisten-an dalam ber-On Time ria.

Jahh… meski ndak parah banget…. tapihh saya emang harus meningkatkan kadar ke-konsisten-an saya pada setiap aktivitas nyang berkaitan dgn masalah waktu inihh.Lhahh… emang ada aktivitas nyang ndak berkaitan dgn waktu..?? … Jahh kalo ndak ada… kesimpulannya dalam ber-apa ajahh… saya harus berusaha tepat waktu.

***

Clean. Jelas… nyang dimangsudkan dasini ndak cuman nyang berkaitan dgn masalah sampah dalam arti nyang sebenarnya ajahh… tapi sampah nyang bermakna kiasan-pun perlu di singkirkan dan kalo bisa… apapun nyang mbikin “kotor” sebaiknya emang harus ditendang sejawuh-jawuhnya dari kehidupan kita.

Meski nyang namanya manusia ituhh “gudangnya kotoran“, tapi berusaha menguranginya.. adalah sebuah tindakan nyang harus dilakukan setiap waktu dan di-tiap kesempatan. Karena…. jika “kotoran” ituhh sudah bersarang di hati dan pikiran… apalagee kalo sudah sampai berkerak… akan sangat susah kalo mo dibersihkan. Tapihh bagi nyang juwago “acting” (ingat, jangan dibaca para pekerja seni yak…), membuwat sesuatu nyang kotor menjadi ndak terlihat kotor… bukanlah suwatu pekerjaan nyang menyulitkan. Arghh… ndak usah ngurusi nyang lainnya-lah… nyang jelas… masih banyak nyang harus saya bersihkan.

Kalo sodara-sodara sendiri…. Bagaimana….???

6 Tanggapan

  1. yang susah buat saya adalah untuk on time itu pak😀

  2. berarti clean disini juga bisa dimaksud dengan “bersih “ya pa???
    emang,bedanya On Time dan Konsisten apa pa??(specifiknya)
    klo konsisten dalam ucapan dan perbuatan,apA ga berumur lama pula??:-/
    hmmmm….

  3. Sayah selalu On Time !!!

    ***khususnya soal jam makan….***

  4. @ Itikkecil :
    Iyakk… itu emang susah. Tapi ituhh manusiawi kok:mrgreen:

    @ Mia :
    Bedanya… “On Time” termasuk “kata keterangan”, kalo “konsisten” ituhh “kata sifat”.

    Semua nyang ada urusannya dgn “on time” & “konsisten” ituhh “depend on”… tergantung orangnya-lah.

    @ mbeGedez :
    Huebaat….!!!
    *** Hakok muk mangan thok…??!!😆 ***

  5. saya amsih kagum dg kedisiplinan para serdadu dibandingkan dg sipil. mereka masih bisa on time. mudah2an disiplin yang terbangun bukan karena atasan, melainkan muncul dari diri sendiri.

  6. @ sawali :
    Itu hanya masalah kesadaran aja Pak.

Tinggalkan Balasan

