Menahan Kesenangan

Kadang kala kita dihadapkan pada situasi nyang mbikin kita jadi ndak kuwat buwat menahannya. Apalagee “situasi” nyang harus kita tahan ituhh adalah “situasi nyang menyenangkan”. Jelas ituhh bukan perkara nyang mudah.  Mungkin kalo sesuatu nyang harus kita tahan ituhh adalah “sesuatu nyang menyedihkan”… bisahh jadihh kebanyakan orang akan mampu melakukannya.

Coba ajahh lihat… orang-orang nyang hidupnya susah. Meski mereka didera dengan berbagai macam permasalahan nyang sangat memilukan setiap harinya… tohh mereka masih tetap bisahh survive. Yaa ndak..??!!

Euforia.  “Kesenangan nyang teramat sangat” sering menyebabkan kita lepas kendali, bebas-sebebasnya bahkan “kecenderungan” main sikat-main embat apa nyang lewat tak jarang dilakukan dengan penuh kesadaran. Jahh… bak “kelakuan si kucing garong”-lah… kalo kata nyang “suka ndangdut”-an.  Kalo saya sehh lebih suka mengatakan “Nothing else matters”-lah.

Beberapa hari nyang lalu… saya barada pada situasi nyang entuhh dan efeknya masehh saya rasakan sampai saat inihh. Padahal semuwanya belum clear bener. Memang “kepastian” sudah saya pegang…. tapihh ternyata masehh banyak nyang harus diselesaikan dan diwaspadai.  Sempat, saking senang-nya… sampai-sampai saya menganggap semuanya “bukanlah menjadi masalah” lagee.   Tapihh untungnya…. “permintaan” Farrel sewaktu saya pulang kemaren telah mengingatkan saya. Dan saya benar-benar beruntung… karena moment itu sempat saya abadikan, sehingga saya menjadi benar-benar teringatkan.

Untuk kesekian kaleenya…. saya diselamatkan oleh filosofi permainan catur nyang selama inihh jadi andalan saya dalam menghadapi berbagai macam situasi. Jahh… jika kemenangan belum diraih alias “Skakmat” belum diteriakan… maka segala kemungkinan bisahh ajahh terjadih. Saya ndak mau berbuat kesalahan disaat kemenangan udah didepan mata. Kalau pun pada pertandingan kalee ini… kemenangan bisahh saya raih… maka saya harus tetap mempersiapkan diri dan menyiapkan strategi karena masih ada “pertandingan” selanjutnya. (bersambung)

****

**Special Editions**
>> [edisi pertama]
>> [edisi kedua]
>> [edisi ketiga]

8 Tanggapan

  1. hmm,,kayanya MusTi ikut MenDalami juga permainan caturnya baru bisa tau filosofi nya pa??:)
    Karena emang beTul sekali seh terkadang sulit mempertahankan kesenangan..lebih banyAk godaannya:(

  2. Wah di tunggu lanjutannya bung, jadi penasaran nih sebenarnya apaan tuh yang ditahan

  3. wah, akhirnya muncul juga psotingan ttg si farrel, bung serdadu, hehehehe😆 meski baru sekilas. saya tunggu kelanjutannya, bung, apakah strategi bermain catur memang relevan dg strategi dalam menghadapi berbagai masalah hidup dan kehidupan

  4. It seems, I know what you mean about this Post….
    and I hope everything is Allright.

    ***kita jangan keburu bangga dengan pertempuran nyang kita menangkeun, mingsih ada banyak pertempuran nyang harus kita menangkeun. karena nyang kita hadapi adalah peperangan….***

  5. Semua pjalanan hidup kita ini, kesedihan ataupun kesenangan merupakan cobaan dariNYA.. Jadi mintalah juga padaNYA tuk dicarikan jalan keluar..

  6. Been there before…kira2 3 (tiga) bln y.l. heheh..tp ya happy ending jg,as u can see dab🙂 …the point is manusia dikaruniai Allah SWT kekuatan utk survive yg ruuarr biasaaa..:)

  7. kalo saat ini saya sendiri masih merasa sulit untuk menahan diri dari kesenangan berlebihan(dlm hal apa dulu), selama ini msh bisa cuma teori aja.. yah mudah2an ntar

  8. @ mia :
    Ndak harus pinter… nyang penting tahu prinsip2-nya dan menahan kesenangan ituhh emang sulit.

    @ ahmad sholeh :
    Heee…hee…hee… Sampiyan termasuk nyang bisahh menangkap apa nyang saya mangsudkan dgn postingan “edisi spesial”. Sebaiknya emang harus diikuti sampai akhir. Selamat penasaran…:mrgreen:

    @ sawali :
    Dari nyang saya pelajari emang begetoo Pak.
    Btw… dipostingan “sesampai di jogja…”, percakapan saya dan Farrel dah ada Pak. Njenengan tlah melewatkannya…ternyata.

    @ Mbelgedez:
    Yeahhh… Sampiyan emang sangat “berperasaan”:mrgreen:
    ‘N hope so, everything will be allright. Tq.

    ***saya suwetujuhh… masih banyak “pertempuran” nyang akan kita hadapi. Bahkan sangat banyak. Jadihh…. Waspadalah…waspadalahh….waspadalahh..!!***

    @ Serpent95:
    Tararengkiu-tengkieu atas “pencerahannya”
    ** inihh kisah bersambung Boss… jadihh harus diikuti terus ** 😆

    @ logamberat :
    Begetoo-lah kiranya tapihh terkadang… masih ada ajah nyang puwetus-asahh.

    @ d3n5 :
    Semoga entar Sampiyan bisahh menyelaskan teori dan prakteknya.
    ** tengkiu tlah berkenan mampir **

Tinggalkan Balasan

