Museum Dirgantara Mandala

Duwelu negeri inihh pernah menjadi negara nyang sangat menakutkan bagihh negara-negara disekitarnya. Bahkan nyang namanya Australia pun ndak brani mandang sebelah mata. Mangkanya semasa ituhh, negeri inihh berani ngejeplak sewuenak mulutnya dan siap menabuh genderang perangnya kapan ajahh ia suka tanpa rasa takut sedikitpun.

Penyebabnya adalahh…. selain mempunyai jumlah penduduk nyang amat buwanyak dengan “kadar kenekatan” nyang diatas rata-rata, negeri inihh juwega mempunyai kekuatan udara nyang suwangat “ngedap-ngedapi“. Tercatat berbagai jenis pesawat tempur plus pluru kendali (rudal) pernah bertebaran sampai ke pelosok negeri buwat ngamanin dan ngejaga Si-Ibu Pertiwi. Nah… jika sampeyan pengin nglihat seberapa menakjubkannya kekuatan udara negeri ini jaman duwelu…. silakeun ajahh mampir ke Museum Dirgantara Mandala nyang berada di area Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Di sana buwanyak sisa bangkai pesawat nyang pernah dimiliki negeri ini. Saya jamin dahh Sampeyan akan terkagum-kagum melihatnya.

Lhahh…. emang boleh dilihat apahh Du…??
Abselutly, boleh”. Namanya juwega museum, kalo ndak boleh dilihat, buwat apahh dibangun
Bukannya ndak semuwa orang boleh mangslup begidu ajahh ke ingtansi militer…??
Emang sehh…. tapihh museum ini terbuka untuk umum kok“.
Kalo saya mo ke sana, caranya gemana Du..??
Yaa… tinggal beli tiket ajahh, trusss…magslup dahhh
Walahhh… gemana mo beli tiketnya kalo letaknya ajahh saya belum teu dimana tepatnya.”
Lhahhh… Situh kan orang Jogja, mosok ndak teu sehh..??
Serius Du, belum.
Payah kalee Situhh. Oke begenooo…. Situhh teu Jalan Raya Janti khan..?? Nah, setelah turun dari jembatan layang kalo mo menuju kearah terminal bus, coba lihat sebelah kiri. Di situ ada SMK Penerbangan (SD Angkasa) dan setelahnya ada belokan nyang ke kiri. Ituhh jalan menuju ke dalam Lanud Adisutjipto. Nahh, dari situhh, sekitar 300-an meter-lah. Nihh denah-nya biyar lebih mudah…..

denah-museum

denah-museum-21

Wadooohhhh kok ada pos provost-nya segalaa, apahh entar saya ndak akan ditangkap..??
Wallahhhh yaa endak-lah. Situhh langsung aja nemuin Pak Provost-nya, kemudian bilang ajahh kalo mo lihat museum. Nah entar kartu identitas Situh akan diminta dan akan dituker dengan “kartu tanda tamu”. Selanjutnya, silakeun lanjutkan perjalanan menuju tujuan“.

cara-ke-museum

Haahhh, cuman getoo…??
Lhahhh iyakk…. emang cuman getoo. Mudah khan..??!
Wohhh… saya kira urusannya mbulet. Ternyata mudah sekalee“.
Trusss…. kapan Situhh mo maen ke museum-nya..??
Ehh…. ada gambar bangunannya ndak…?? saya takut salah masuk…
Adahh. Nihh gambar halaman depan museum-nya“.

museum-dirgantara

Boleh menta info satu lagee ndak Du…??
Apahh…??
Sebenarnya da museum ituhh selain bangkai pesawat…. ada apanya lagee…??
Ooooo buwanyak. Tapihh entar ajahh yakk, saya mo ke Hongkong duwelu cari sendal….
(bersambung)

11 Tanggapan

  1. mau ke Hongkong?😯
    masuknya gak bayar ya pak?

  2. Benul banget, boss….

    Kekuwatan udara Indon dulu sangat disegani. Lha ituh kalo di Halim, Masuk dari kawasan Gardu, lurus terus ngeliwatin lapangan golf, ada Mig 17 kalo ndak salah, buwatan Uni Sovyet almarhum.

    Sangar tenan…..

    ***Sekarang punya F 16 tapi ndak ada ada pelor nya….*** :mrgreen:

  3. Asyik juga klo bisa ke musium bareng siswa/i pengajaran sejarah bisa makin asyik tapi letaknya itu lho jauh bgt dari t4 lilis. Ga tau dech kapan bisa bawa anak murid ke sana.

  4. Iiihhh..
    INgeT waKtu SMA dulu..sTudY tOur ke JOGJAKARTA
    seMpaT foto2 disana..dan seMpeT singgah ke Museum itu,,emaNg bUanyak baNgeT jenis2 pesawat disana (yang dah BAnGkaI)alias RoNgsOkan..hehehe,,,
    btw,,pa KalO AAU nya Boleh dikunjungi umum ga??
    aplg bwt aNak2 SMU,nambah peNgetaHuan tentang pendidikan di AAU…????sapa tau kluar Skulah mau jd Taruna AAu gettoooo…:D

  5. waah,, kLo pas masUk mezeum rs’y emang bda banget,, rasa bangga pada bangsa pasti muncuL,,, coba dech ajak orang2 yg kurang bangga jd orang Indonesia……….
    betewe,,, kLo k Hongkong pazti puLang’y bw dodoL yUpz??? :”P

  6. Jahhhh… Salah satu mesum di Jogja yang belu saya jamah…

    *masukin list*

  7. @ itikkecil :
    Kalo bareng saya ndak pake bayar. Kalo Situhh sendirian, tiketnyahh 3 rewbu rupiah. Rombongan, 2 rewbu. Kapan mo ke Yk..??

    @ Mbel :
    Jahh…. mangkanya kalo ke Yk sempetin maen ke Museum Om.
    *koreksi Om, F-16 ituhh ada pelornya*

    @ lischantik :
    Moga2, someday Situhh bisahh maen ke Museum Dirgantara Mandala.

    @ Mia :
    Sekarang koleksinya tambah banyak. Kantor saya persis samping museum. Entar kalo ke YK, mampir yakk. Btw, AAU boleh juwega kok dikunjungi. Tapihh bagusnya sehh buwat study banding.

    @ yunantara :
    Benar.
    * Lhahh… saya ke hongkong kan mo beli sendal, jadihh pulangnya yaaa…. bawa sendal, bukan dodol:mrgreen: *

    @ Goen :
    Kapan Situhh ada waktu…?? Hubungi saya, entar saya jemput.

  8. kalau boleh atu ada gk bangkai peswat mandala???????

  9. SAYA SANGAT MENYUKAI MUSEUM DIRGANTARA SAYA INGIN BERLIBUR KE MUSEUM DIRGANTARA ;LAGI

  10. yang bener sih?????????????????

  11. terakhir ke museum ini waktu TK hehehhe….mudik nanti ada rencana kesini bawa anak2…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: