Tips: Pindah Tempat Kerja

Pada dasarnya amat teramat sangat merepotkan. Tapihh mo gemana lagee…. kerepotan nyang amat teramat sangat entuh mau ndak mau harus dihadapi ketika seseorang dihadapkan pada suwatu kondisi nyang “memaksa”-nya untuk berpindah tempat tinggal. Kalo maseh bujang sehh…. sabodoh teing, haakalo udah beranak pinak plus punya pernak-pernik barang 20 konteiner… apa ndak bikin pusing orang punya kepala. Belum lagee jika pindahnya pake acara nyebrang laut segala plus dalam jangka waktu nyang ndak lebih dari 3 tawun…. wuihhh, untuk membayangkan ajahh rasanya seperti orang nyang lagee dirawat di unit gawat darurat. Vertigo!

Bentar tuwan-tuwan dan nonya-nonya…. enihh bukan curcol. Sungguh. saiya hanya mo berbagi radio duwa band tips ajahh. Jahh… meski reputasi saiya menjadi Makhluk Tuhan Yang Paling Sering Pindah-Pindah Rumah (MTYPSPPR) boleh dibilang belum seberapa, tapihh kalo dibandingan dengan orang nyang belum pernah pindahan rasanya pengalaman saiya lebih banyak dahh… :mrgreen:   So… ndak pa-pa kan kalo saiya berbagi tips enihh di postingan saiya kale inihh ??! Eehhhh… sapa teu ajahh ada manpangatnya buwat sampiyan-sampiyan nyang membutuhkan. Dan begonolahh tips pindah tempat kerja versi saiya…. *ceklek*

1. Tetap Tenang, Jangan Panik.
Percaya ajahh… bahwa apahh nyang diputuskan oleh atasan sampiyan untuk memindah-tugaskan sampiyan ke tempat nyang baru adalah demi kepentingan organisasi dan kebaikan sampiyan bukan karena dilandasi factor kebencian atao ndak suweka dengan kinerja sampiyan. Ndak usah terlalu di dramatisir atau punya pikiran nyang ndak-ndak. Karena…, perusahaan atau tempat kerja sampiyan entuhh bukanlah milik sampiyan atau mbah sampiyan taaa… jadihh sangat wajar kan kalo sampiyan nyang hanya sebagai pekerja dipindahkan ke tempat kerja nyang baru…. yaa ndakk..?? So…, jika sampiyan ndak tenang, apalage sampai panik maka ngalamat akan terlunta-lunta-lah proses kepindahan sampiyan di tempat nyang baru nantinya. Jadihh tenang ajahh, manusia entuhh adalah makhluk Tuhan nyang paling pandai menyesuaikan diri kok.

2. Jangan Buru-buru Bawa Keluarga
Ada baiknya kalo sampiyan sebagai pimpinan rumah tangga berangkat duweluan. Inihh supaya sampiyan bisahh leluasa bergerak mencari informasi tentang tempat baru nyang akan sampiyan tempati untuk hidup. Ibarat perang… maka kita akan mati konyol di medan laga kalo kita ndak teu seluk-beluk tempat nyang akan digunakan buwat berperang. Biar sampiyan bisah sat-set (lincah) dalam mencari informasi maka akan lebih baik kalo anak-bini untuk sementara waktu ditinggal ajahh duwelu. Sungguh, pengetahuan tentang tempat baru nyang akan ditempati entuhh sangat penting buwat kelangsungan hidup sampiyan nantinya.

3. Pelajari Situasi dan Kondisi Tempat Pindah Nyang Baru
Begitu sampiyan nginjakan kaki di tempat nyang baru…, bersegeralah untuk mempelajari situasi dan kondisi setempat. Dari adat-istiadatnya, situasi/lingkungan disekitar tempat tinggal sampiyan, kondisi lalu-lintasnya, tempat-tempat rawan atau tempat pesiar buwat indehoi, toko klontong/mall, rumah sakit, sekolah buwat anak dll… dll… dan lain-lainnya nyang terdekat dari tempat tinggal sampiyan nyang baru. Cari/bikin petanya dan kalo perlu lakukan cek route menuju tempat-tempat tersebut. Dan ndak kalah pentingnya…. Sempatkan juwega ngecek fasilitas apahh ajahh nyang sampiyan dapatkan plus kekurangan apahh ajahh nyang perlu sampiyan tambah supaya hidup sampiyan bisah nyaman selama tinggal di sanahh.

4. Selesaikan Urusan Yang Penting-Penting Duwelu
Bikin list atao susun prioritas apahh nyang perlu selesaikan sebelum pelaksanaan pindahan nyang sesungguhnya. Sekolah anak misalnya. Mungkin, urusan dengan Pak RT atau instansi2 nyang berkaitan dengan urusan kepindahan sampiyan dan keluarga sampiyan bisah juwega sampiyan selesaikan duwelu. Intinya…. begitu anak-bini sampiyan nyampe maka sampiyan sudah ndak direpotkan lagi dengan urusan2 semacam entuh. Soal kerjaan kantor juga jangan dilupakan, minimal orientasi nyang sampiyan lakukan udah kelar sehingga sampiyan tinggal ngurusi urusan keluarga sampiyan ajahh

5. Kirim Barang-Barang Pindahan
Mangsudnya biyar semuwanya udah ready duwelu sebelum anak-bini sampiyan datang. Usahakan seminimal mungkin bini/anak terlibat dalam urusan angkut-angkut atao gese-mengeser barang. Masalahnya… bini/anak perlu waktu penyesuaian diri nyang lebih daripada sampiyan nyang notabene udah berangkat duluan. Kondisi nyang relatip lemah membuat bini/anak rawan terserang penyakit di tempat nyang baru apabila kecapekan. Lagian… semangat mereka akan tetap terjaga jika begitu nyampe di rumah nyang baru mereka nglihat rumahnya sudah layak dan siap huni. Kalo pun masih ada nyang perlu dirapikan…. jangan terlalu banyak-lah nyang dikerjakan. Lebih baik, sampiyang nyang repot ngurusi barang2 pindahan entuhh sendiri daripada sampiyan ketambahan repot ngurusi anak/bini sampiyan karena sakit.

6. Jemput Anak-Bini
Setelah semuwanya ready… barulah jemput anak-bini sampiyan. Ceritakan nyang baik-baik ajahh, semangati mereka dan jelaskan juwega apa nyang boleh dan ndak boleh dilakukan di tempat nyang baru entar. Semuwa informasi nyang sampiyan dapatkan… sampaikan kepada bini sampiyan. Kalo masih ada nyang belum ready… sebaiknya sampiyan tunda duwelu njemput mereka. Tapihh kalo sampiyan suka repot… silakan ajah jemput mereka sebelum semuwanya siap.

7. Cepat Menyesuaikan Diri
Bersegeralah menyesuaikan diri dengan berbekal informasi nyang sampiyan dapatkan. Bantu bini dan anak sampiyan. Jaga semangatnya. Mungkin tensi sampiyan dan anak bini sampiyan akan naik, jadi hindarilah segala bentuk permasalahan nyang mengarah pada perselisihan. Sebagai kepala rumah-tangga sampiyan harus bisah njaga kesabaran sampiyan meskipun se-sulit apapun kondisinya. Begitu kondisi rawan pasca pindahan dapat dilalui maka hidup sampiyan akan kembali normal. Jahh setelah itu…. sampiyan bisahh siap-siap untuk pindahan ke tempat nyang baru lagee. :mrgreen:

Siyal, pindahan ituhh emang merepotkan yak.

***

*Catatan :
1 Tips enihh ndak berlaku bagihh nyang duwitnya meteran dan ndak adahh nomor serinya semuwa atau bagihh orang nyang punya sodara di seluruh wilayah NKRI nyang kebetulan di tubuhnya mengalir darah juragan semuwa.

2. Tips inih juga ndak berlaku bagihh nyang melaksanakan pindahannya dari Jawa ke Jawa lagi, atau dari Jakarta ke Bandung, atau dari Jogja ke Solo dan sebailknya. 😆

3. Postingan enihh… request dari adik asuh saiya. “Dik…, kalo pindah entuhh ndak merepotkan…. maka saiya minta dipindah terus, ke Amerika pun haaayoohhh… hueeee…heee…hee…., nikmati ajahh yak Dik!”  😆

Iklan

5 Tanggapan

  1. ini mau pindah lagi ya pak???

  2. makasih y bang,akhirnya permintaan sy terkabulkan.pokok e makasih…..makasih….makasih semoga di t4 yg baru ada sinyal jd sy bs tetep ngikutin news…news terbaru dari abang

  3. @ itikkecil :
    Ndak. Menuhi request ajahh.

    @ dee_dee :
    Syukurlah kalo getoo. Kapan berangkat?

  4. Waktu pindahan balik ke Perancis th. 2004, aku langsung bawa anak+2 koper besar+laptop … udah gitu aja.

    Ngak punya tempat tinggal … langsung menghadap ke Walikota tentu saja bawa anak. Berkat anak, kami dapat prioritas perumahan sosial.

    Pokoknya asal nekad … apapun yg terjadi harus dihadapai …kayak perang gitu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: