Selamat Masuk Sekolah Nak…

Usai suwedah liburan sekolah tawun ajaran 2008/2009. hari enihh aktipitas pendidikan di negeri enihh mulai bergulir kembali. Lupakan kenangan semasa liburan kemaren, sentuh buku-buku pelajaran nyang lama ndak terjamah dan bangkitkan kembali semangat untuk mengejar impian. Buwat para orang tuwa… selamat menyamar menjadi tukang ojek😆

Jahh… teringat kembali saiya pada masa sekolah duwelu. Suwatu masa nyang penuh nuansa keceriyaan. Ceria…, karena emang ndak pernah bermasalah. Naik kelas terus dengan prestasi nyang lumayan dan ndak pernah mbikin panik ortu dalam mencarikan sekolah disetiyap jenjangnya membuwat saiya selalu ceria setiap memasuki tawun ajaran baru.

Emang ndak semuwa anak seberuntung saiya semasa anak-anak duwelu. Demikian juwega… ndak semuwa ortu bisahh sesantai ortu saiya ketika dihadapkan pada urusan sekolah anaknya. Sangat dimungkinkan di hari pertama tawun ajaran baru enihh… sampiyan dan anak sampiyan masih merasakan kepayahan nyang teramat sangat karena kecapaian akibat mutar-muter nyari sekolahan kemaren. Bahkan mungkin juwega, sampiyan masih di-umek-kan dgn segala macam “turunan” permasalahan pendidikan anak, meskipun sekolah nyang diinginkan suwedah didapat.

Katanya sehh… sekolah sekarang suwedah banyak nyang digratiskan. Tapihh katanya juwega, masih buwanyak ortu nyang kebingungan dalam menyelesaikan urusan administrasi inihh-ituhh. Menyedihkan-kah? Oooo… tidak. Emang demikianlah nyang berlaku di negeri enihh. Meski anggaran pendidikan suwedah mencapai 20% dari APBN, tapihh tetap ajahh uwang gedung ndak termasuk bagiyan nyang ditanggulangi dengan dana nyang 20% entuhh. Apalagee… bila para ortu menghendaki kenyaman nyang tiada tara bagi anak-anaknya selama mengenyam bangku sekolah. Harus rela mengeluarkan ongkos tambahan. Jahh… jer basuki mowo bea-lah, kata orang Jawa.

Sapahh sehh nyang ndak ingin anaknya pinter? Saiya rasa semuwa ortu menginginkannya. Meski sekolah nyang favorite buwekan satu-satunya cara untuk me-minter-kan anak, tapihh kalo sekolah di sekolah ecek-ecek… rasanya kok suwesyah juwega yakk memdapatkan standart ke-pinter-an nyang diinginkan bisahh terpenuhi. Meskipun analisa saiya enihh sangat mudah dipatahkan, namun agaknya… buwanyak juwega nyang mempunyai analisa nyang sama seperti analisa saiya diatas. Siyalnya…, masihh buwanyak sekolahh ecek-ecek di negeri enihh. Lalu…bagemana bisahh mencerdaskan kehidupan bangsa?

Jahh…, saiya ndak begidu teu apakah dana nyang 20% entuhh suwedah mencukupi untuk membuwat anak-anak Indonesia menjadihh cerdas atao belum. Nyang juwelas… dari omongan para penjuwal jamu pakar di tipi-tipi, dana sebesar 20% dari APBN entuhh bisahh mempermudah usaha mengkorup mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi lebih leluasa. Arghhh… mudah-mudahan ajahh demikian.

Lhohh… kok mudah-mudahan?

Iiiiyaaaakk… sodara-sodara. Bila dana nyang sebesar entuhh dalam penggunaanya ndak tepat sasaran… apakah bisahh tujuwan mencerdaskan kehidupan bangsa tergapai? Saiya kira kok tidak. Meski kebocoran entuhh suwedah menjadihh hal nyang lumrah di negri enihh, tapihh sebage ortu nyang pengin melihat generasi penurusnya menjadi generasi nyang lebih baik lagee… saiya dan sampiyan semuwa tentu ajahh ndak menginginkan kebocoran entuh terjadi. Biyar ndak ada lagee pungutan uwang gedung atao uwang bangku nyang sering mbikin pusing para ortu nyang di tubuhnya ndak ngalir darah juragan seperti saiya enihh.

Ooopppsss…! Sesungguhnya, tawun enihh saiya ndak begidu pusing. Farrel (anak saiya) masehh kelas tiga SD soalnya. Ndak seperti para anggota saiya nyang beberapa waktu nyang lalu super repot karena nilai UAN anaknya pas-pasan. Bahkan sampai sekarang masehh ada nyang mbingungi dalam menyelesaikan administrasi inihh-ituhh untuk keperluwan anaknya sekolah.

Hmmmm… kali enihh saiya emang masehh lebih beruntung bila dibandingkan anggota saiya nyang mencarikan sekolah buwat anaknya. Tiga tawun lagee… mungkin saiya akan menghadapi hal nyang serupa dengan nyang mereka hadapi sekarang. Arghh… mudah-mudahan ajahh bila waktunya udah tiba… negeri inihh suwedah menjadi lebihh sejahtera sehingga mampu meningkatkan dana pendidikannya menjadi 50% dari APBN-nya dan aparat nyang berwenang bisahh menangkap para penjahat pendidikan nyang ndak punya otak entuhh.

Lhahh… entuhh kan tiga tawun lagee?? Bisahh ndak yakk…??

Jahh… meskipun ndak mudah mewujudkannya, tapihh mudah-mudahan bisahh lebih baik daripada nyang sekarang. Minimal… selama pemerintahan nyang baru hasil pemilu kemaren, jaminan untuk tidak terjadih kebocoran dalam penggunaan dana pendidikan bisahh diwujudkan. Biyar para ortu seperti saiya enihh masihh bisahh mengucapkan “Selamat Masuk Sekolah Nak…” dengan senyum sumringah tanpa kepala nyang nyut-nyutan.

3 Tanggapan

  1. Hehehehehe… Belajar yang rajin, moga jadi anak yg pintar

  2. Lho…… kq bapake nyang njawab, anake baen sing nggawe balasan, Lajari bikin blog mbokkan hua..ha..ha.. (mbah sarap). Belajar ya cung.. ya ndung.. ya le.. aja gelut baen sira.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: