Revolusi Kebangsaan (Tribute to Rendra)

Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata!

Demikian sepenggal syair yang mengalun dalam lantunan lagu berjudul Paman Doblang di albumnya Kantata Takwa yang pertama. Saya terkesan. Dan sejak saat itu saya semakin terkesan.

ws rendra

Kata-katanya lugas – tegas. Artikulasinya jelas, pun demikian dengan gerak tubuhnya yang penuh dengan semangat. Titik-koma dan desahan nafasnya bisa ia tempatkan pada tempat yang tepat. Maka – setiap suara yang keluar dari mulutnya adalah ungkapan jiwa yang bernyawa.

Mendengarkan membuat tergerak. Melihatnya menjadikan diam ternganga. Dada bergolak. Pikiran tercerahkan. Mendadak sontak ada dorongan kuat yang entah datang darimana untuk mengikuti alunannya.

WS Rendra – begitulah ia. Malam kemaren, si Burung Merak terbang menemui Sang Pencipta-nya. Indonesia terhenyak, saya pun tersentak. Kepergiannya di tengah hiruk-pikuk bangsa menjelang hari lahirnya membuat bendera kembali diturunkan setengah tiang. Indonesia berduka.

Rendra adalah salah satu dari sekian banyak putra terbaik bangsa. Meski ”hanya” kata-kata – tetapi karya-karyanya sungguh sangat bermakna. Bangsa ini telah ia telanjangi. Potretnya ia kabarkan secara gamblang ke seluruh khalayak. Tidak ada yang bisa menghentikan. Dan — dia sendiripun tidak dapat melakukannya. Kata-katanya tetap lantang berkumandang seirama dengan denyut nadi bangsa yang sampai kini masih tidak beraturan.

Apa yang ia lakukan bukan karena ia tidak suka. Tetapi justru karena rasa cintanya yang sangat mendalam terhadap bangsa ini-lah yang membuatnya tidak pernah menghentikan langkahnya — walau hanya sejengkal. Namun – ia seperti kita semua. Makhluk ciptaan Tuhan yang tidak kuasa menolak jika sudah tiba waktunya dipanggil pulang oleh Yang Punya.

Si Burung Merak kini telah terbang jauh tidak tergapai. Menembus langit menghadap Sang Khalik. Jasadnya ia tinggalkan – menyatu dengan bumi yang ia cintai. Namun kepakan sayapnya akan senantiasa melingkupi dan mengilhami gerak-langkah perjuangan anak bangsa negeri ini untuk melaksanakan kata-katanya.  Revolusi Kebangsaan!

Selamat jalan Rendra.

***

* Gambar diambil dari: sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: