Kayak Yak Yak Ouwww

Pernahkah Sampiyan denger kalimat ungkapan semacam itu?

Kayak Yak Yak Ouwww” – Ini sesungguhnya adalah kalimat ungkapan dalam bahasa Jawa yang di-Indonesia-kan. Agak susah juga mencari artinya yang pas untuk kalimat ungkapan tersebut. Kalo dibilang artinya adalah ”sombong” – tidak juga. Ke-PeDe-an? Memang lebih mendekati, tetapi menurut saiya masih kurang pas. Masalahnya – kalau ke-PeDe-an biasanya dibarengi dengan aksi menonjolkan diri. Ini – tidak selalu demikian.

Lhahh…, apa pentingnya mengetahui artinya?

Memang tidak penting-penting amat. Akan tetapi – untuk menambah ”pengetahuan” – terutama buat sampiyan yang bukan berasal dari Jawa, saiya kira ada perlunya juga. Karena kalimat ungkapan ini – asal tau ajahh – sangat populer di kalangan masyarakat Jawa. Jahh… paling tidak — biar sampiyan ndak terbengong-bengong ketika mendengar kalimat ungkapan tersebut dalam sebuah pembicaraan.

Lhohh…, saiya kan bukan orang Jawa?

Terserah. :mrgreen:

Jahh… seperti yang saiya bilang – menjelaskan arti yang pas untuk kalimat ungkapan ”Kayak Yak Yak Ouwww”, memang agak sedikit susah. Tetapi demi sampiyan – saiya akan mencoba mendiskripsikannya, dengan sebuah contoh-kasus.

Begini.  Coba sampiyan lihat gambar dibawah ini dulu…

gbNovel

Aha! Itulah sebagian dari koleksi novel saiya. Sebentar – jangan mengira semuanya sudah saiya baca. Sebagian — ya.  Namun, lebih banyak yang belum saiya baca 😆

Beberapa hari yang lalu, ketika pada sebuah pameran buku – saiya beli 3 buah novel. Beberapa hari kemudian setelah pameran itu, saiya pergi dengan bini saiya ke Shopping, belakang Pasar mBeringhardjo, Malioboro – Jogja. Maksudnya mau nyari buku pelajaran Bahasa Inggris untuk anak saiya, Farrel. Namun ternyata, buku yang dicari tidak kami dapat. Siyal!

Dan hmmm…, kebiasaan saiya setiap bertandang ke toko buku mendadak-sontak kumat. Tanpa ba-bi-bu, saiya beli ajahh 3 buah novel yang lumayan tebal, Danielle Steel, James Patterson dan David Baldacci. Belum pernah sekalipun saiya mbaca novel karya mereka. Walhasil, bini saiya cuman bisa geleng-geleng kapala saja. Saiya cuex.

Di rumah masih banyak yang belum dibaca – eee… kok (masih) beli lagi. Mungkin, begidulah yang ada di benak bini saiya – kali.

tfs-smallBarusan – pagi ini saiya menyelesaikan mbaca novel karya Christopher Buckley. Thank You for Smoking. Dua bulan yang lalu, novel itu saiya beli di Gramedia, Ambarukmo Plaza (Amplaz) – Jogja. Judul yang sangat provokatif membuat saiya kesengsem. Selembar uang 50 ribuan saiya hibahkan sebagai mahar pengganti novel setebal 415 halaman itu ke sang kasir. Nah, kenapa baru dua bulan kemudian selesainya? – Jahh, begidulah saiya. 😆  Jangankan kok itu. Lhawong 2 novel karya Andrew Britton (The American dan The Assasin) yang saiya beli lebih dari 9 bulan 10 hari yang lalu – sampai sekarang belum selesai-selesai juga lhoo :mrgreen: [*sambil koprol*]

Maka begidulah. Melihat saiya mbeli 3 novel lagi — bini saiya pun berkata…

”Haalahhh… Kayak Yak Yak Ouwww!”

Kisanak, sudah bisahkah sampiyan menangkap arti kalimat ungkapan diatas??

***

* Glossary :

Shopping adalah sebuah gerai buku yang ada di seputaran belakang Pasar mBeringharjo (Malioboro-Jogja). Disitulah kalau saiya mau nyari buku dengan harga yang agak miring – lebih murah daripada yang dijual toko buku di mall-mall. Buku-buku dari jaman baheulak, bahan-bahan untuk kliping, koran-koran bekas sampai skripsi-skripsi bekas juga dijual disitu.

Iklan

6 Tanggapan

  1. .
    Sayah juga gituh… Yang penting mbeli dulu. Soale beberapa pengarang top bukuya sukak abis duluan….

    😀

  2. Weleh-weleh… Novelnya English language semua… kalau saya baca novel itu, 1 tahun mungkin cuma 1 yg bisa selesai dibaca 😀

  3. Weleh… buanyak tenan. Saya juga punya beberapa buku, tapi nggak pernah dibuka 😀

  4. jebul selain ada istilah ‘menimbun sembako’ menjelang lebaran, ada juga istilah ‘menimbun novels’. btw, buku bahasa inggris anak-anak di gramedia diskon loh, 2 ribu-15ribuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: