Selamat Ber-mudik-ria Kawan

1mudik3Aroma opor ayam, sambel goreng ati plus krecek dengan toping criping emping… samar-samar mulai tercium baunya. Walau masih bercampur dengan bau bensin dan solar serta bisingnya suara kendaraan sebagai musik pengantarnya, justru ini menambah kepuasan tersendiri apabila dapat menikmati lezatnya opor ayam tadi di tempat awal mereka menghabiskan masa kanak-kanaknya.

Sebenarnya masakan ala lebaran itu ada di mana-mana. Kapan pun bisa diadakan, dicari dan untuk mendapatkannya pun ndak perlu menghabiskan uang ratusan ribu – apalagi sampai jutaan.  Namun, orang lebih suka bersusah-susah (hanya) sekedar untuk mendapatkan sepiring opor ayam dengan sambel goreng ati plus krecek dan toping criping emping itu.

1mudikLihatlah di terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan sampai bandara – orang-orang rela antri berjam-jam dan berdesak-desakan. Setelah tiket didapatkan, mereka masih harus berjuang ditengah ribuan penumpang dan lamanya perjalanan. Menembus dinginnya malam, menerjang panas terik di kala siang.

1mudik2Seberapapun besarnya ongkos biaya ndak jadi masalah, karena memang sudah lama dipersiapkan. Pendek kata mereka tidak peduli betapun berat dan sulitnya hambatan yang akan mereka hadapi. Pokoknya — yang penting mereka bisa mendapatkan sepiring opor ayam dengan sambel goreng ati plus krecek dan toping criping emping itu secara langsung — di tempat awal mereka menghabiskan masa kanak-kanaknya.

Anehkah?? Tidak.

Mudik adalah ritual. Meski bukan sebuah kewajiban, tapi terasa ada sesuatu yang mengganjal di hati apabila tidak bisa mengerjakannya. Gelisah.  Pada beberapa orang, mereka sampai harus menyiapkan alasan sekaligus semacam pledoi apabila alasan yang disampaikan tidak bisa diterima oleh keluarga besarnya.

Berbahagialah buat sampiyan yang masih bisa melaksanakan ritual mudik ini. Meski effort yang sampiyan keluarkan cukup banyak dan kadang kala kagak pake perhitungan, tapi saiya yakin semuanya akan terbayar lunas begitu opor ayam dengan sambel goreng ati plus krecek dan toping criping emping memasuki rongga perut sampiyan.

Saiya ucapkan selamat ber-mudik-ria kawan. Saiya doakan aman sampai tempat tujuan. Demikian pula sekembalinya sampiyan dari menyantap sepiring opor ayam dengan sambel goreng ati plus krecek dan toping criping emping di tempat awal sampiyan menghabiskan masa kanak-kanak sampiyan… tidak ada aral melintang yang menghambat di perjalanan sampiyan. Amin.

**Gambar hasil googling**

Iklan

4 Tanggapan

  1. .
    3 Kali Iedul fitri Sayah Ndak Mudik Boss….

    Insaolloo Iedul Fitri Kali Inih Bisa Mudik….

  2. bagus nya kalo mudik sebelum lebaran pas lebaran kerja kan dapet duitnya dobel dah. he he he . salam kenal lagi ditunggu kedatagannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: