Seputar TOA Saiya

TOA adalah merk dagang sebuah produk audio yang sangat terkenal. Saking terkenalnya — setiap keluaran suara yang cemengkling — kenceng dan kering, nama TOA sering dibawa-bawa. Perbandingannya kayak akuwaaa-lah. Peduli itu merk-nya apa… pokoknya kalau udah berkaitan dengan yang namanya air mineral maka yang keluar dari mulut ini adalah akuwaaa. ”Minta akuwa-nya dong…” – padahal ades.

Adalah masjid-masjid atau tempat-tepat ibadah-lah yang membuat produk TOA ini tetap moncer di negeri ini. Ndak lekang dimakan waktu, ndak pernah mati digilas zaman. Di benak banyak orang… TOA adalah pengeras suara (speaker) yang bentuknya seperti conthong (tumpeng), padahal produk audio dari TOA ini banyak banget jenis, type dan bentuknya. Coba ajah sampiyan main kesini.

Kalau di lapangan, yang sering dikejar memang kencengnya. Lembut dan merdu itu urusan kedua dan ketiga (kecuali bila ada konser musiknya). Cuap-cuap kalo pake TOA terasa paling menang sendiri. Di acara demo-demo di jalanan, misalnya. Sapa yang pegang TOA… ndak da yang ngalahin suaranya. Perkara ndak didengar… kelihatannya itu juga urusan belakang. Yang penting kuuuweeenceng…!

Di tempat kerja saiya… TOA yang saiya punya lebih sering saiya gunakan untuk mendukung kegiatan apel di lapangan dan sesekali buwat car-call bila ada hajatan. Kalau untuk upacara besar… TOA yang telah tergelar biasanya saiya kawinkan dengan speaker merk lain yang suaranya lebih empuk-an. Jahh… biyar ndak kelihatan over treblenya-lah.

Punya suara bagus-merdu nan empuk kalau di lapangan belum tentu akan terdengar sama dan sebangun bila menggunakan pengeras suara (horn-TOA)seperti gambar diatas itu. Suara se-gandem Josh Groban kala mendendangkan You Rise Me Up pun mendadak akan berubah dari aslinya, alias… cempreng bin menusuk telinga.  Nahh… apalagi yang sudah cempreng dari sononya…

Lalu… bisakah sampiyan bayangkan… bagaimana jika yang di-TOA-kan itu suaranya JengKellin (Nycta Gina) atau teriakannya si-Candhil (ex-vocalis Seurius Band)…??

5 Tanggapan

  1. Sayah Juga Punya Tuh, Yang Pake Batre…
    Biasa Sayah Pake Kalo Pitulasan… :mrgreen:

  2. di skolah lilis juga ada toa… yang sangan membantu sekali jika ada pengumuman2 ke siswa :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: