Prediksi Babak 16 Besar : Uruguay VS Korsel, AS VS Ghana, Jerman VS Inggris, Argentina VS Meksiko, Belanda VS Slovakia, Brasil VS Chile, Paraguay VS Jepang dan Spanyol VS Portugal

Kini tinggalah 16 tim yang siap beradu di Babak Per-8 Final. Di babak ini — ndak ada urusannya lagi dengan point-point-nan., yang kalah langsung masuk kotak. Begitulah memang aturannya.

Apa hendak dikata, agaknya banyaknya “prediker” yang harus menyusun ulang prediksinya mengingat hasil babak penyisihan grup yang “sedikit” berantakan. Tersingkirnya Italia, Perancis dan terlemparnya Inggris dari juara grup menyebabkan bagan pertandingan menuju final menjadi agak timpang. Coba sampiyan klik: bagan ini dulu dan setelahnya – silakan sampiyan ikuti kembali “gombalan” saiya di babak per-8 final ini.

Uruguay VS Korsel

Sabtu, 26 Juni 2010 – 21.00  (RCTI)

Pasukan Forlan dan kawan-kawan ini sedang naik daun. Ndak da yang nyangka kalau mereka bisa menjuarai Grup A. Perancis dan Afsel lebih diunggulkan untuk meraih posisi itu. Tapi karena Perancis dan Afsel – si tuwan rumah “keple”, maka Uruguay mampu mengambil alihnya.

Sedangkan Korsel – meskipun ndak ada Hiddink disamping mereka, ternyata masih mampu menampilkan pola permainan ala Meneer dari Belanda itu. Di aliran darahnya yang dipenuhi “cairan ginseng” membuat mereka sangat alot dan kadar “ngoto”-nya susah ditandangi. Inilah yang membuat mereka masih bertahan sejauh ini.

Menurut saiya, mereka berdua mempunyai kekuatan yang setara. Bisa jadi pertandingan pertama di Babak 16 Besar ini akan diakhiri dengan adu tendangan pinalti. Kalau melihat performa kedua tim di babak penyisihan kemaren, hasil seri adalah pilihan yang paling wajar, cuman karena ini adalah laga “knock-out”, yang harus ada pemenangnya – maka adu pinalti jadi pilihan yang saiya pilih untuk mengakhiri pertandingan ini.

Prediksi saiya, Uruguay vs Korsel: 2 – 2 dan Uruguay yang akan memenangkan dalam adu penalty.

***

AS VS Ghana

Minggu, 27 Juni 2010 – 01.30  (RCTI)

Penampilan heroik tim dari negeri Paman Sam ini emang layak diacungi jempol. Kemenangan yang mereka peroleh di masa injury time di pertandingan terakhirnya di babak penyisihan kemaren, menunjukan bahwa tim ini mempunyai kemampuan untuk tampil ngotot dalam meraih kemenangan. Dan keberhasilan menjungkir-balikan prediksi para pengamat dan “predikers” yang sedari awal menempatkan Inggris sebagai kampiun di Grup C – layak dijadikan “nilai lebih” dari perhelatan Piala Dunia 2010 yang penuh dengan kejutan.

Tim Howard yang sangat tangguh di bawah mistar gawang dan London Donovan yang dinaungi sentuhan midas di kakinya adalah “factor pembeda” yang dimiliki oleh Amerika yang ndak dimiliki oleh tim-tim lain di grupnya. Sejauh ini keduanya mampu menjalankan peran sebagai “juru selamat” di setiap pertandingan.

Demikian pula dengan Ghana. Meskipun hanya finish di urutan kedua di bawah Jerman, namun kekompakan mereka diatas lapangan ndak bisa disepelekan begidu saja. Kalau saja mereka ndak berada di satu grup dengan Jerman, bisa jadi mereka akan menghadirkan kejutan. Kekompakan adalah kunci yang menjadikan tim Ghana ini sebagai momok bagi tim-tim lain yang berhadapan dengan mereka — ndak terkecuali Amerika.

Mungkin banyak yang menempatkan Amerika sebagai tim unggulan di laga ini. Namun, saiya mempunyai penilaian yang berbeda. Saiya pikir Ghana “sedikit” lebih baik daripada timnya London Donovan dan kawan-kawan. Meski hanya “sedikit”, saiya kira itu lebih dari cukup untuk membawa Ghana ke babak selanjutnya. Kecuali kalau pertandingan ini harus diakhiri dengan adu penalty. Bila itu yang terjadi, maka Amerika-lah yang akan memenangkan pertandingan.

Prediksi saiya, Amerika vs Ghana: 1 – 2

***

Jerman VS Inggris

Minggu, 27 Juni 2010 – 21.00  (RCTI )

Keduanya sempat terseok-terseok di babak penyisihan grup dan baru bisa menutukan nasibnya di pertandingan terakhirnya. Beruntung bagi Jerman yang bisa mendapatkan nasib yang lebih baik daripada tim lawannya. Inggris harus terima nasib finish dibawah Amerika, sehingga tim-nya Capello ini ndak isah ngindari Jerman di babak 16 Besar. Terlalu dini memang, tapi apa hendak dikata – salah satu dari keduanya harus siap dipulangkan lebih awal.

Tim Jerman yang sekarang ini ibarat Arsenal. Penuh dengan talenta muda yang disokong beberapa pemain senior sebagai pilarnya. Sedangkan tim Inggris sekaran ini bak Real Madrid yang “keberatan” menyandang nama besar di pundak mereka. Maka ini termasuk salah satu pertandingan besar yang sangat sayang untuk di lewatkan. Yang satu ingin menunjukan gejolak darah mudanya (Jerman), yang lainnya ingin mengembalikan nama besarnya (Inggris).

Intuisi saiya mengatakan bahwa Jerman-lah yang akan memenangkan pertandingan.  Ini ndak ada urusannya dengan kesukaan saiya terhadap tim besutan Jochim Low ini, namun sejauh ini memang penampilannya lebih “menggigit” daripada tim Inggris. Mungkin di Babak 16 Besar ini, Rooney dkk. akan bangkit dan membaik penampilannya – itu bisa saja terjadi. Tapi… Jerman tetaplah Jerman yang selalu bisa melewati Babak16 Besar di setiap perhelatan piala dunia yang pernah digelar.

Siapapun yang menang di laga ini ndak bisa nyantai-nyantai, mengingat di babak selanjutnya akan menghadapi Argentina yang saiya prediksi bisa mengatasi perlawanan Meksiko. Jadi memang berat nian perjalanan Jerman/Inggris untuk menuju ke Grand Final. Kalau boleh mendahului… maka saiya hanya ingin mengatakan bahwa dari “kelompok” inilah yang akan juara di Piala Dunia 2010 ini. Entah Jerman atau Argentina 😆

So…, prediksi saiya Jerman vs Inggris : 3 – 1, Jerman lolos ke 8 Besar.

***

Argentina VS Meksiko

Senin, 28 Juni 2010 – 01.30  (RCTI)

Meski untuk menuju ke Afsel ini, langkah Argentina sempat terseok-seok, bahkan nyaris ndak terbawa serta – namun ternyata, penampilan tim besutan Maradona ini sangat mengesankan dan sangat pantas disebut sebagai tim unggulan.  Bahkan bila kesebelas pemainnya bisa menjaga konsentrasi dan emosinya sampai akhir pertandingan, maka akan sangat sulit bagi tim manapun untuk mengalahkannya.

Di depan sangat tajam, di tengah penuh kreativitas dan di belakang bak benteng kuat yang susah ditembus – begidulah gambarannya. Hanya saja, tim ini sering ndak dinaungi keberuntungan dan para pemainnya sering main-main dengan “emosi”-nya. Sumbunya pendek. Akibatnya… jumlah pemainnya sering berkurang sebelum pertandingan usai. Dua masalah ini-lah yang bisa menyebabkan Argentina terhenti langkahnya.

Meski Meksiko bukanlah tim yang diunggulkan di laga ini, namun bila mereka bisa memanfaatkan kelemahan Argentina seperti yang saiya sebutkan diatas – bisa jadi akan terjadi kejutan.

Menahan seri kemudian berharap dari hasil adu penalty adalah hal yang paling realistis yang akan dilakukan oleh Meksiko. Maka – bila Argentina sampai babak pertama usai belum bisa mencetak gol, maka kemungkinan yang diharapkan Meksiko akan kesampain. Namun saiya yakin, bahwa apapun strategi yang diterapkan di lagan anti, Meksiko ndak bakalan mampu menahan laga Argentina.

Prediksi saiya Argentina vs Meksiko: 3 – 1, Argentina lolos ke babak 8 Besar.

***

Belanda VS Slovakia

Senin, 28 Juni 2010 – 21.00  (RCTI )

Keberhasilan Slovakia mendepak sang juara bertahan (Italy) dari perhelatan Piala Dunia 2010 ini adalah sebuah kejutan. Ndak ada yang berpikir bahwa itu akan terjadi, meskipunsaiya sendiri sedari awal meragukan dengan tim yang dibawa Lippi, namun saiya tetap berharap Itali akan mampu melalui babak penyisihan. Ternyata saiya salah. Slovakia-lah yang akhirnya memulangkan Itali dengan cara yang amat menyakitkan.

Dan datanglah Belanda dihadapan mereka. Setelah bersusah payah lolos dari babak penyisihan grup – apa hendak dikata, kali ini mereka akan kembali bersusah payah untuk menyingkirkan hadangan tim Belanda – yang secara kuliatas berada “sedikit” diatas mereka.

Jelas hal ini bukanlah perkara mudah, mengingat Belanda mempunyai motivasi yang kuat untuk bisa menorehkan prestasi di piala dunia edisi 2010 ini. Catatan nilai sempurna yang bisa diraih di babak penyisihan, meski dengan jumah gol yang “pas-pas”-an tetaplah menjadi catatan yang harus diperhatikan dengan seksama oleh Slovakia.

Secara umum (menurut saiya) – kelemahan tim Belanda terletak di penyelesaian akhir dan tersedianya banyak lobang di belakang mana kala para pemein di zona itu ikut naik ke atas membantu penyerangan. Ini harus bisa dimanfaatkan oleh Slovakia dengan benar. Serangan balik yang cepat adalah strategi yang cocok diterapkan di laga menghadapi Belanda.

Meladeni Belanda dengan permainan terbuka akan berkibat fatal. Menahan seri sembari berharap dari hasil pinalti adalah sesuatu yang ndak ditabukan. Oleh karenanya, pakailah cara Mourinho ketika timnya (Inter Milan) berhadapan Barcelona di Liga Champions beberapa waktu yang lalu.

Saiya setuju kalau banyak orang yang menjagokan Belanda akan mampu memenangkan laga ini, namun saiya pikir… Belanda ndak akan mendapatkan dengan mudah dan ndak akan berpesta gol. Mereka akan menang tipis.

Prediksi saiya Belanda VS Slovakia: 2 – 1, Belanda lolos ke babak 8 Besar

***

Brasil VS Chile

Selasa, 29 Juni 2010 – 01.30  (RCTI )

Keduanya telah sering ketemu, mengingat mereka berasal dari zona yang sama. Praktis, mereka sudah mengetahui kelemahan, karakter permainan maupun keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing tim.

Diawal pertandingan babak penyisihan Chili berhasil menyuguhkan permainan yang impressive, namun di laga terakhirnya mereka seolah kehabisan tenaga. Roh permainanya mulai menghilang. Inilah yang membuat saiya ragu bahwa mereka akan mampu meladeni Brasil yang pada pertandingan tersebut sudah bisa kembali menurunkan si Kaka.

Bagaimanapun Chilie akan kesusahan menhadapi serbuan para penyerang Brasil. Asal ndak terpancing dan bisa menahan emosi-nya maka Brasil saiya prediksi akan lolos dari babak 16 ini. Masalahnya… dugaan saiya Chilie akan menerapkan strategi permainan “keras”. Ini sangat rawan kalau sampai para pemain Brasil ndak bisa njaga emosinya. Berkurangnya jumlah pemain sebelum laga usai akan menghadirkan petaka bagi Brasil. Dengan sebelas pemain rasanya Brasil akan mampu meraih hasil seperti yang diinginkannya, namun dengan 10 pemain – bisa jadi Chilie akan mencuri kemangan itu.

Prediksi saiya Brasil VS Chilie: 2 – 0, Brasil lolos ke babak 8 Besar

***

Paraguay VS Jepang

Selasa, 29 Juni 2010 – 21.00  (RCTI )

Keberhasilan Jepang mengalahkan Denmark dan kemampunya meredam Belanda untuk tidak berpesta gol ke gawangnya merupakan pembuktian bahwa mereka ndak bisa diremehkan begidu saja. Seperti halnya Korsel, maka Jepang adalah tim yang pantang menyerah dan selalu ngotot di setiap pertandingan. Nafasnya juga panjang dan mempunyai kreativitas plus kecepatan yang lumayan dalam melakukan serangan, khususnya serangan balik.

Sementara keberhasilan Paraguay menjuarai Grup F tentu saja telah mampu mempengaruhi banyak orang untuk menempatkannya sebagai unggulan di laga ini. Namun saiya kira – keduanya berimbang. Bahkan Jepang mempunyai keuntungan di masalah “tabiat”. Paraguay termasuk tim yang para pemainnya mempunyai “sumbu” pendek. Mudah marah dan cenderung menerapkan permainan keras manakala kehilangan konsentrasi dalam pertandingan atau saat menghadapi tekanan. Bila jepang mampu memanfaatkan keuntungan yang mereka miliki maka Jepang akan bisa melangkah ke babak berikutnya.

Prediksi saiya Paraguay VS Jepang: 1 – 2, Jepang lolos ke babak 8 Besar

***

Spanyol VS Portugal

Rabu, 29 Juni 2010 – 01.30  (RCTI )

Spanyol yang bertabur bintang dan berlebel Juara Eropa jelas diunggulkan dalam pertandingan ini. Kalaupun ada yang berpendapat beda, saiya yakin itu lebih pada sosok C. Ronaldo yang bermain untuk tim Portugal. Namun apapun itu alasannya, pertandingan Spanyol vs Portugal ini merupakan pertandingan yang ditunggu-tunggu oleh banyak penikmat dan pencinta bola.

Penyelesaian akhir adalah masalah yang saat ini dihadapi oleh Spanyol disamping pertahanannya yang ndak begidu kokoh. Iker Casilas mulai sering out of position dan refleknya pun sudah ndak seperti dulu lagi. Sementara Puyol – sang jendral barisan pertahanan juga sudah mulai lamban.

Beruntung Spanyol mempunyai punggawa-punggawa lapangan tengah yang cukup kreatif, sehingga kelemahan-kelemahan itu bisa sedikit tertutupi. Namun begidu di lapangan tengah mereka kalah beradu, maka malapetaka kemungkinan besar akan menghampirinya. Ini harus mereka waspadai, mengingat di tim Portugal bercokol Deco dan C. Ronaldo yang sangat hafal dengan gaya permainan tim Spanyol.

Melihat penampilan Portugal sewaktu menghempaskan Korut dengan 7 gol tanpa balas, membuat saiya perlu menimbang-nimbang lebih mendalam untuk mengikuti pendapat banyak orang. Setelah saiya me-review lagi tentang kondisi kedua tim, maka berkesimpulan bahwa saiya lebih memilih Portugal yang akan memenangkan pertandingan nanti. Spanyol akan bisa melenggang ke babak selanjutnya bila pertandingan diakhiri dengan adu pinalti.

Prediksi saiya Spanyol vs Portugal: 2 – 3, Portugal lolos ke babak 8 Besar.

***

Demikianlah gombalan saiya di babak 16 Besar ini sodara. Semoga di babak selanjutnya (8 Besar) nanti saiya mempunyai banyak waktu untuk menganalisa lebih mendalam tentang 4 pertandingan yang akan digelar. Dan saiya harap sampiyan ndak pernah bosan mbaca gombalan saiya di blog ini. Terimakasih atas kehadirannya.

Iklan

29 Tanggapan

  1. wiiiihhhhh….. mantab bro..prediksinya..maju terus MR. SERDADU..

  2. mantaffffffffff bos……ciamik tenan gombalanmu….

  3. Om serdadu cespleng….

  4. salut bos bwt prediksinya .
    dewa banget .
    perdelapan jg ya bos 😉

  5. selamat pak. prediksinya top…

  6. Ya TUHAN,,,,,,.semoga prediksinya naik terus……
    Amin,.,.,.,.,.

  7. Mantaaa tap prediksinya…nyesel saya gk liat dr kmaren2!

  8. jgn lupa prediksi selanjutnya bos…uwiiiiiihh cespleng buanget nget,huh! Nyesel deh saya telat!

  9. Prediksinya mantap habis bung…..maju trus dtggu prediksi slnjutnya…..(perempat final)

  10. namanya jg prediksi… tp selalu yahud,, lanjutkan

  11. @ all :
    Makasehhh atas atensinya.

    Btw, kalau malam ini Jepang dan Portugal benar2 lolos sesuai dgn prediksi saiya, maka “prediksi edisi ini” adalah gombalan saiya yang terbaik sepanjang masa. :mrgreen:

    **Kejadian Belanda vs Slovakia adalah kejadian yg sangat langka — seolah mereka menuruti “gombalan” saiya diatas. Saiya benar2 ndak nyangka kalau akhirnya pertandingan benar2 selesai dgn skor 2 – 1 untuk Belanda**

  12. Muantaab….
    Top abiss…
    Tp heran,kok serdadu pilih jepang sama portugal ya…??!!

    • saiya pilih jepang, disamping alasan yg saiya sebutkan diatas — juga karena Paraguay ndak kuat megang beban sebagai tim yg diunggulkan sehingga bisa jadi ada salah satu pemainnya yg dikartu-merah wasit karena frustasi.

      Soal saiya pilih Portugal…. karena disitu saiya yakin ada campur tangan Mourinho. Mangsudnya, sebagai warga negara Portugal — tentu saja dia akan memberikan ilmu kemeruhnya tentang Spanyol untuk negaranya. Masih ingat kan… bagaimana Mourinho mematikutukan Barcelona (tulang-punggung Spanyol) di Liga Champions kemaren..??

      Satu lagi, pelatihnya – Carlos Queiros pernah jadi tangan-kanannya Alex Ferguson dan setelah tertatih-tatih di babak kualifikasi… biasanya tim yg mengalami seperti itu akan menjelma menjadi tim yg lebih baik.

      Jahh… begidulah menurut hasil “penerawangan” saiya, kalau bicara soal teknis dan kualitas para pemainnya… saiya kira semuanya akan setuju kalau kedua tim mempunyai kekuatan yg setera. Bukan begidu bukan…?? :mrgreen:

      • mudah2an aja portugal menang.. saiya berharap banyak portugal lolos ke babak berikutnya

  13. Mantap…. mr serdadu Manusia setengah dukun, heheehe

  14. OKE LAH KALO BEGITU…
    Semoga prediksi kali ini bisa menjadi “terbaik sepanjang masa”.
    Tetap semangat…!!!
    Lanjut ke babak berikutnya.
    Tengkyu.

  15. hBat bRow,,,perempat final buat juga!!!!
    tpi soal yg terakhir spanyol vs portugal ttep menang spanyol!!!!

  16. Salut buat serdadu
    jepangx muantabb.
    Portugal yess!

  17. Khusus mlm ini prediksi bung serdadu MELESET…
    Jepang uda koit skrg giliran portugal yg dibuat modar oleh spanyol. Skor 2-0 utk kemenangan spanyol.
    Maju terus bung… ^_^

    • Jahh… salah adalah berkah. Kalau sampai betul semua… bisah2 kepala saiya jadi tambah besar. Dan dgn kesalahan ini, maka cap “dukun” itu akhirnya ndak jadi nempel di diri saiya. :mrgreen:

      **mari kita tunggu… apa yg terjadi dgn Spanyol dan portugal…

  18. Gak jadi “prediksi terbaik sepanjang masa” nih.
    Jepang sih lumayan,meleset dikit. Tapi spanyolnya kebalik.
    Total 8 pertandingan,cuma meleset 2 pertandingan. Apa lagi kalo bukan HUUEBAT PUOLL…
    Tetap semangat…
    Langsung ke 8 besar bro!
    TAK TUNGGU GOMBALAN SAMPEAN.
    Maturnuwun…

  19. Uruguay juara piala dunia 2010….

  20. Gw kate jg ape???
    2 partai terakhir gw menang telak.

  21. gombalan perempat final mana pak? fans serdadumania banyak yg nungu!

  22. MUAAAANTAAAP……KAN?? MANA PREDIKSI PEREMPAT FINALNYA… DI TUNGGU..

  23. kelanjutannya di tunggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: