Prediksi Babak Perempat Final: Belanda vs Brasil, Uruguay vs Ghana, Jerman vs Argentina dan Paraguay vs Spanyol

Beruntunglah sampiyan karena prediksi saiya di Babak 16 Besar (Perdelapan Final) ndak jadi benar semua. Andai ajahh sampai benar semua – saiya jamin sampiyan ndak bakalan bisa ngrasain “soul saiya yang khas” di gombalan saiya selanjutnya di blog ini.  Namanya juga prediksi maka kadang benar-kadang salah… itu biasa. Nah! — “soul” yang demikian itulah yang “khas” dari blog ini. :mrgreen:

Enam benar – 2 salah (75%), itulah catatan yang saiya bukukan di Babak 16 Besarl kemarin.  Apakah gombalan saiya kali ini bisa membukukan catatan yang lebih baik dari sebelumnya? – saiya ndak teu. Yang jelas – demi mendapatkan prosentase yang lebih tinggi, di Babak 8 besar (Per-4 Final) ini saiya suadah menentukan  4 tim yang saiya prediksi akan lolos ke Babak Semifinal. Untuk lebih jelasnya, silakan sampiyan ikuti gombalan saiya berikut ini….

Belanda vs Brasil

Jumat, 2 Juli 2010 – 21.00 Wib (RCTI)

Sejauh ini — penampilan Belanda dan Brasil dianggap belum mampu memenuhi “ekspaktasi” banyak orang yang mengharapkan suguhan yang menawan dari keduanya. Saiya pun meng-iya-kannya.  Total football-nya Belanda ndak total-total banget, sementara jogo bonito-nya Brasil juga setali tiga uang – ndak jago-jago amat alias biasa-biasa saja. Jadi bila fakta sejarah dikesampingkan, maka pertemuan antara keduanya ini  tak lebih dari upaya untuk “memperbaiki penampilan” – supaya saiya mengubah pilihan saiya tentang siapa yang akan jadi juara Piala Dunia tahun ini :mrgreen:  Untuk diketahui saja – saiya memang ndak menjagokan keduanya.

Brasil-lah yang akan lolos ke Babak Semifinal. Begidulah yang ada dibenak saiya. Alasan saiya — terlalu banyak kelemahan yang ada di Tim Belanda bila dibandingkan dengan Brasil.  Kelemahan yang paling kentara adalah – mereka sering meninggalkan lobang yang mengaga sehabis melakukan serangan.

Barisan pertahanan yang dikomandoi Van Bronkost ndak begidu padu.  Joris Mathijsen, John Heitinga, Giovanni van Bronckhorst, Gregory Van Der Wiel sering terlambat menutup pergerakan pemain depan lawan dan saiya juga meragukan kesigapan sang kiper – Maarten Stekelenburg. Bila saja kemaren barisan depan Slovakia agak tenang dikit – bisa jadi Belanda akan pulang duluan.

Barisan depan Belanda kurang nendang. Dirk Kuyt, Robin Van Persie/Jan Huntelaar hanya bagus di pergerakan, tapi lemah di penyelesaian akhirnya.  Beruntung mereka memiliki Mark Van Bommel, Wesley Sneijder dan Arjen Robben yang sangat mobile dan mempunyai visi yang diatas rata-rata. Kalau ndak ada mereka – maka Belanda ndak akan mampu berbuat banyak.

Brasil sendiri menurut saiya juga memiliki kelemahan, namun kuantitasnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan Belanda. Menurut saiya – Brasil sering lepas konsentrasi di menit-menit awal dan akhir babak pertama maupun kedua. Bila mereka ndak memperbaikinya – maka mereka akan kecolongan.

Emosi yang sering meledak-ledak dan pelanggaran-pelanggaran kerasnya sangat berpotensi menghadirkan kartu merah. Bila itu sampai terjadi – ada salah satu pemainnya yang diusir wasit, maka Brasil akan ngalamat pulang kampung.

Keunggulan Brasil terhadap Belanda menurut saiya terletak di barisan pertahanannya. Dengan Juan, Lucio, Michel Bastos, Maicon plus Julio Cesar yang berdiri dibawah mistar gawang –selama mereka bisa menjaga kedisplinannya – maka barisan depan Belanda akan kesulitan untuk menembusnya.

Itulah beberapa alasan mengapa saiya lebih memilih Brasil daripada Belanda. Prediksi saiya 1 – 3 untuk kemenangan Brasil.

***

Uruguay  vs Ghana

Sabtu, 3 Juli 2010 – 01.30 Wib (RCTI)

Kejuatan Ghana akan berakhir disini. Pertandingan melawan Amerika kemaren menurut saiya adalah puncak dari penampilan dari Ghana. Oleh karenanya – seperti halnya sebuah parabola, setelah sampai di titik puncak, maka penurunan-lah yang akan terjadi selanjutnya.

Uruguay menurut saiya memang layak dikedepankan dalam pertandingan ini. Dengan penampilan Luis Suarez dan  Diego Forlan-nya yang sangat mengesankan – dengan daya jelajah dan visi permainannya yang sangat baik, maka akan sangat sulit bagi barisan belakang Ghana untuk menahannya.

Pertahanan Uruguay juga cukup kuat. Setidaknya ini terlihat dari jumlah gol yang bersarang di gawangnya sejauh ini baru sebiji doing.  Sedangkan gol yang berhasil mereka sarangkan ke gawang lawan-lawannya sudah mencapi 6 biji dengan proses penciptaannya yang sangatlah menarik.  Ini menunjukan bahwa pengorganisasian mereka dalam menyerang dan bertahan sangatlah bagus.

Saiya kira – kali ini Ghana akan berharap pada penampilan sang penjaga gawang  Richard Kingson. Penampilannya yang menawan dan penempatan posisinya yang bagus/tepat pada setiap pertandingan adalah salah satu factor yang membuat Ghana masih bisa bertahan hingga saat ini. Mungkin Uruguay pada awalnya akan kesulitan membobolnya, tetapi saiya yakin kalau tekanan demi tekanan yang diberikan Uruguay akan mampu memaksa si-kiper Ghana ini untuk melakukan (beberapa) kesalahan.

Prediksi saiya 2 – 0 untuk kemenangan Uruguay.

***

Jerman vs Argentina

Sabtu, 3 Juli 2010 – 21.00 Wib (RCTI)

Kalau sampiyan mencermati hasil undian Piala Dunia 2010, maka pertandingan antara Jerman vs Argentina ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Ini bukan berita besar – karena sedari awal memang sudah diprediksi kalau keduanya akan saling bantai di babak Perempat Final (8 Besar).  Kalaupun kemarin sempat tersebut nama Inggris yang diduga akan menggantikan posisi-nya Jerman, saiya kira itu hanya “bumbu penyedap” biar rasa piala dunia kali ini agak sedikit nendang 😆 pada kenyataanya –  Jerman-lah yang tetap melaju ke babak selanjutnya. Bukan begidu bukan…??

To the poin ajahh, di pertandingan ini saiya njagoin Jerman. Memang pilihan saiya ndak popular, karena menurut hitung-hitungan diatas kertas dan tentu saja menurut pendapat banyak orang, Argentina-lah yang lebih diunggulkan di laga ini. Lantas mengapa saiya (sampai) mempunyai pendapat yang berbeda dengan orang kebanyakan?? – begini alas an saiya sodara…

Penampilan Jerman sedang bagus-bagusnya dan kondisi mental para pemainnya juga ndak ada masalah. Posisi sebagai underdog justru akan melipatgandakan kepercayaan diri mereka untuk bermain lebih baik tanpa tekanan. Nothing to loss-lah. Kalah ndak pa-pa, menang… Alhamdulillah. Tapi jangan lupa – bahwa si Jochim Loew itu dibebani oleh DFB – minimal mencapai semifinal. Itu artinya… disamping keuntungan non teknis yang saiya sebutkan tadi, pasukan Der Panzer juga dapat dorongan tambahan berupa “tekanan yang masuk diakal” – yang mungkin masih bisah diraih.

Sementara Argentina – dengan posisi sebagai unggulan, sudah tentu akan memberikan tekanan yang luar biasa bagi para pemainnya.  Akibatnya (mungkin) mereka ndak akan bisa main dengan lepas dan ini juga sangat berpotensi membuat para pemainnya untuk melakukan kesalahan fatal di lapangan. Ekspektasi yang berlebihan dari para pendukungnya yang terpampang di media cetak/elektronik yang sempat mereka baca juga akan memberikan tekanan yang ndak kalah besarnya kepada para pemain Argentina.

Dari segi teknis, saiya melihat Jerman itu memiliki kemampuan untuk “membuat pertandingan” – mangsudnya, semua lawan-lawannya akan dipaksa mengikuti cara bermainnya. Lawan yang mempunyai kecepatan akan dipaksa bermain lambat, sementara lawan yang mempunyai karakter bertahan akan disuguhi umpan yang menggiurkan untuk menyerang – sehingga mereka akan lupa dengan taktik bertahannya.  Intinya…, jerman sangat jogo membikin frustasi lawan dengan gaya permainannya ( bahkan penontonnya pun sering dibikin frustasi melihat gaya permainannya :mrgreen: ) — lihatlah apa yang terjadi pada Inggris.

Hal sebaliknya berlaku pada Argentina. Mereka sering ndak memusingkan gaya apa yang dipakai lawannya. Mereka lebih asyik memainkan gayanya sendiri. Pendek kata – mereka jarang menerapkan taktik yang disesuaikan dengan lawan yang dihadapi. Cilakanya mereka sering keasyikan menyerang dan kadang lupa bahwa serangan balik lawan akan dilancarkan jauh lebih cepat dari yang mereka perkirakan. Sampiyan sudah lihat betapa cepatnya para pemain muda Jerman saat melakukan serangan balik kan..??

Tackling para pemain jerman itu bersih. Kemampuan mengambil bola dari penguasaan pemain lawan ndak perlu diragukan lagi. Kelihatannya pelanggaran – padahal tidak. Inilah yang akan membuat pemain Argentina naik emosinya. Akibatnya konsentrasi mereka akan buyar  dan  akhirnya kartu merah pun akan keluar dari sakunya sang pengadil untuk mereka. Kekurangan jumlah pemain akan memebuat keseimbangan pasukan Maradona terganggu. Serangannya pun akan menjadi ndak efektif lagi dan pertahanannya juga akan kacau-balau. Disaat itulah – Jerman akan membalikan keadaan.

Itulah beberapa alasan, mengapa saiya lebih memilih Jerman daripada Argentina. Mungkin analisa saiya diatas salah, namun bisa jadi itulah yang akan terjadi di pertandingan nanti.

Prediksi saiya : 3 – 2 untuk kemenangan Jerman.

***

Paraguay vs Spanyol

Minggu, 4 Juli 2010 – 01.30 Wib (RCTI)

Terus terang — Saiya masih meragukan penampilan Spanyol. Oleh karenanya – Saiya ndak yakin bahwa Piala Dunia tahun ini akan diraih oleh mereka. Agaknya keberuntungan itu ndak akan menghampirinya. Secara kualitas oke-lah… mereka memang sangat bagus. Pola serangannya pun juga mantap – tapi cuman sebatas membahayakan dan membuat deg-degan lawan saja. Pada kenyataannya – penyelesaian akhir mereka sangatlah lemah.

Bisakah sampiyan bayangkan bila si David Vila dibabat pasukan lawan hingga dia cidera dan ndak isah melanjutkan di sisa pertandingan… menurut sampiyan  siapa yang bisa menggantikan posisinya? Mungkin di pertandingan lawan Paraguay ini si Villa akan kena batunya. Lihatlah apa yang dilakukan para pemain belakang Paraguay terhadap para pemain Jepang. Beberapa kali sikut mereka melayang tepat di kepala dan dada. Bila itu sampai menimpa Villa… maka bisa jadi dia akan terkapar dan efek lanjutannya… mental para pemain Spanyol akan runtuh.

Namun sebentar sodara…., di pertandingan ini saiya tetap menjagokan Spanyol kok – meskipun dengan skor tipis. Cuman bila nanti pertandingan berakhir dengan adu pinalti, maka saiya lebih menjagokan Paraguay. Oleh karenanya – Spanyol ndak boleh main-main dan perlu mengasah para pemain depannya (selain David Villa) biar bisa nyetak gol. 😆

Masalah lain yang akan dihadapi oleh Spanyol ini adalah kengototan yang ditampilkan Roque Santa Cruz. Hal ini perlu saiya sampaikan – mengingat Puyol dan kawan-kawan yang menjaga daerah pertahanan sering lepas konsentrasi dan kadang terlambat turun saat menghadapi sarangan balik lawan. Beberapa kali mereka hampir kecolongan. Out position dari Casilas pun beberapa kali juga hampir membuahkan gol bagi lawan mereka. Agaknya hal ini harus mendapat perhatian lebih dari Del Bosque bila menginginkan kemenangan.

Prediksi saiya : 1 – 2 untuk kemenangan Spanyol.

****

Demikianlah sodara gombalan saiya di Babak Perempat Final ini. Bola itu memang bundar dan semuanya bisa saja terjadi. Hitung-hitungan diatas kertas hanyalah sebuah perkiraan kasar dan bisa jadi ndak akan ada artinya apa-apa. Di lapanganlah semuanya itu akan ditentukan.  Selamat menikmati pertandingan kawan…. Dan selamat mencocokan gombalan saiya diatas dengan hasil akhir pertandingan. Nuwun.

Iklan

26 Tanggapan

  1. Gue jagoin belanda,soalnya brasil kalah suporter,kan orang afrika dukung belanda

  2. q dukung brasilllllll

  3. Hahahaha…
    Kebalik prediksi pertamax…

  4. Emosi yang sering meledak-ledak dan pelanggaran-pelanggaran kerasnya sangat berpotensi menghadirkan kartu merah. Bila itu sampai terjadi – ada salah satu pemainnya yang diusir wasit, maka Brasil akan ngalamat pulang kampung.” (paragraf ke-5, Belanda vs Brasil)

    **Selamat tinggal Brasil**

  5. Tp krtu merah dikeluarkan stlh skor 2-1. Emg kebalik prediksi sampiyan mlm ini, partai kedua jg ghana yg lolos.

    • Jahh… yg ini emang saiya salah, meskipun 1 gol yg didapat Belanda bukan mereka yg nyetak — alias dapat berkah dari bunuh diri. Bila 11 lawan 11 apakah sampiyan tetap yakin bahwa Belanda bisa menang? — kalau saiya tetap ndak yakin.

      Tapi sudahlah… Belanda memang akhirnya yang menang dan prediksi saiya salah.

  6. Awal yg kurang beruntung! Dak apalah…
    Jerman sm spanyol setuju buanget aq.

    • Yup! – tapi saiya emang sudah menduga sebelumnya. Bila ada pemain Brasil yg dapat kartu merah… maka mereka (brasil) yg akan pulang kampung. Jadi menurut saiya — bukan Belandanya yg bagus, tapi Brasilnya yg ndak beruntung. Coba sampiyan telaah… menang jumlah pemain saja… Belanda (tetap) ndak bisa nambah gol-nya kan..??

  7. brasil vs belanda analisa masih top. Kartu merah untuk brasil. barisan depan/penyerang belanda masih melempem.

  8. Bbk 1 ghana uda mng 1-0. Kykx dominasi amerika latin mulai berkurang, satu persatu bakalan pulang kampung. Bsok giliran argentina n paraguay yg di pulangkan.

  9. Walah…prediksinya kok salah smuaaa… Bagai mana dg kedua prediksi dua pertandingan lagi?? Apa ada “main mata” ama bandar judi internasional…. Tp aku jagoin jerman juga kok

  10. setuju bung,….belanda cm beruntung saja bs lolos semifinal…..11 vs 10 ga bs nambah gol….payah…..,.maju terus bung dtggu gombalan slnjutnya….

  11. @ Main Cantik:
    ….benar, tapi pada akhirnya Uruguay-lah yg lolos ke Semifinal.

    @ Hs:
    Maap… saiya ndak pernah dan ndak suka judi. Kalau Uruguay yg lolos ke semifinal… berarti prediksi saiya benar kan??

    @ amin ebret:
    Makasih.

  12. @all :

    PENGUMUMAN
    Maap, silakan sampiyan berkomen apa ajahh di setiap postingan saiya tentang bola. Hanya satu yg ndak perkenankan disini,,,, sampiyan saiya larang ngomong/komen yg nyinggung-nyinggung soal judi/taruhan — karena komen yg nuansanya demikian akan saiya anggap sebagai spam/akan saiya hapus.

    maap, demikianlah rule yg saiya tetapkan dari awal. nuwun.

  13. mudah2han……prediksi anda mengenai jerman vs argentina bneran……
    thanks infonya 🙂
    mmpir jg k blog saya :
    areeve

    blog detik
    terima kasih,,,,,

  14. Matur nuwun, muller MANTAP…

  15. prediksi skor bola sih msh…..???? Tp ulasan prediksi jalannya pertandingan yahuuudddd….

  16. 75% lg prediksi kali ini

  17. Sip, 75% lg.

  18. Langsung lanjut ke semifinal bro. . .
    Jerman 50-50 spanyol
    belanda 75-25 uruguay
    bagaimana dengan sampean?

  19. Gimana bung prediksi slanjut nya.

  20. bung serdadu gombalan semifinalnya ?. dah banyak yg ga’ sabar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: