Prediksi Spanyol vs Belanda (Babak Final Piala Dunia 2010)

Akhirnya Piala Dunia edisi 2010 yang berlangsung di Afsel akan segara ditutup. Setelah sebulan penuh saiya temani sampiyan semua dengan gombalan-gombalan saiya yang “alakadar”-nya, kini sampailah saiya pada gombalan saiya yang ke-64. Dengan terpostingnya gombalan ini, maka seluruh pertandingan yang digelar sejak 11 Juni 2010 yang lalu sampai dengan 11 Juli 2010 ini telah saiya gombali dengan sukses dan tuntas.

Meski hasil gombalan saiya ndak 100% benar, namun saiya tetap puas – karena target saiya telah terpenuhi. Dan untuk memenuhinya menjadi 65 gombalan, setelah ini saiya akan bikin “Epilog Piala Dunia 2010” dari sudut pandang saiya. Semoga sampiyan semua tetap berkenan mengikutinya, karena di postingan itu saiya akan me-review seluruh gombalan saiya – bagaimana proses yang saiya lakukan dalam membuat gombalan-gombalan tersebut dan kesalahan-kesalahan yang saiya buat –  plus catatan saiya tentang beberapa tim peserta Piala Dunia 2010 – dan tentu saja “pisuhan” saiya terhadap wajah persepakbolaan dari negara yang berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa yang bernama Indonesia.

Lalu bagaimana prediksi saiya tentang Pertandingan di Babak Final Piala Dunia 2010 ini?


Adalah Spanyol dan Belanda.  Dua negara inilah yang “beruntung” bisa menunjukkan “keberuntungannya” di depan miliaran pasang mata penduduk dunia — sebagai tim yang akan berlaga di laga pamungkas nanti.

Saiya katakan “beruntung”, karena – meskipun Spanyol yang notabene adalah Juara Eropa edisi terakhir dan telah diprekdisikan oleh banyak prediker akan nyampai di babak final, namun sejauh ini penampilannya ndak bagus-bagus amat. Meskipun saiya akui dalam hal penguasaan bola… Spanyol diatas rata-rata daripada tim-tim lainnya, namun soal ketajaman serangan dan penyelesaian akhirnya – Spanyol bukanlah yang terbaik. 😆

Pun demikian halnya dengan Belanda. Sampai di pertandingan terakhir saat melawan Uruguay kemaren, saiya ndak melihat ruh “total football” bisa diperagakan dengan baik. Banyak gol yang tercipta bukan dari hasil kerjasama yang apik, tapi lebih banyak yang tercipta akibat kesalahan kiper atau pemain belakang lawan plus tendangan jarak jauh yang terkesan coba-coba.  Sebelum menang lawan Brasil — ndak banyak yang memprediksikan Belanda akan bisa tampil di babak final — bahkan Belanda sendiri juga ndak nyangka kalau mereka bisa bertahan hingga laga pamungkas. Kalau mereka yakin – tentunya mereka akan mboking hotel paling tidak sampai usainya perhelatan akbar Piala Dunia digelar. Bukan begidu bukan?? :mrgreen:

Jahh… apa hendak dikata, akhirnya untuk yang kesekian kalinya – kita harus bisa menerima “hukum” yang berlaku di sepakbola bahwa bola itu bulat – semuanya bisa terjadi dan tidak selalu tim terbaik yang paling terakhir tertawa. Kadang tim semenjana pun bila dinaungi keberuntungan bisa juga tertawa sampai di akhir pertandingan.

(Cilakanya, mengapa “hukum sepakbola yang begidu aduhai” itu kok bisa ndak berlaku bagi negara yang berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa yang bernama Indonesia ini yaakk…??) 😦

Saiya menduga pertandingan final kali ini akan menjadi anti klimaks. Di saat banyak orang berharap akan mendapat suguhan pertandingan yang dramatik, yang didapat justru laga yang membosankan dan ndak ada gregetnya sama sekali. Faktanya, dengan tumpulnya barisan depan Spanyol dan statemen pelatih Belanda yang mengatakan bahwa “total football” itu sudah usang, maka masih bisakah kita berharap untuk mendapatkan sebuah pertandingan yang menghibur?

Bagi saiya, pertandingan yang menghibur itu bila terjadi banyak gol. Kalaupun ndak begidu banyak gol yang tercipta – paling tidak sedikit gol yang tercipta itu prosesnya benar-benar dari sebuah pola serangan yang terancang dengan baik. Bukan dari tendangan jarak jauh yang terkesan coba-coba atau dari keberuntungan semata.

Overall – saiya menjagokan Spanyol. Ini ndak kaitannya dengan ramalan si “Gurita” yang bernama Paul itu. Saiya lebih melihat bahwa Belanda akan kesulitan menjalankan strateginya bila berhadapan dengan tim yang penguasaan bolanya lebih baik dari mereka. Dan saiya kira Del Bosque akan menginstruksikan kepada anak buahnya untuk menguasai bola selama mungkin dengan memainkan umpan-umpan pendek bak main “kucing-kucingan” :mrgreen:

Tentu saja si Iniesta, Xavi dan Sergio Busquets akan mendapat porsi yang lebih besar untuk menjalankan strategi ini. Begidu Belanda terbakar emosinya karena selalu menjadi “kucingnya” melulu, maka dipastikan akan tercipta celah buat David Villa atau Torres/Pedro Rodriguez untuk melakukan shooting ke gawang Maarten Stekelenburg.

Sementara Belanda tetap akan mengandalkan tendangan jarak jauh dari para pemainnya. Namun hal ini menurut saiya ndak bakalan efektif – mengingat yang berdiri dibawah mistar gawang Iker Casillas bukan Robert Green :mrgreen: Mungkin Belanda akan bisa memenangkan pertandingan ini bila sang pelatihnya mau kembali ke kitahnya – terapkan total football Marwijk!

Begidulah gambaran/prediksi yang bisa saiya sampaikan kepada sampiyan sodara.  Intinya — karena Spanyol-lah yang berhasil mengandaskan tim yang saiya prediksikan jadi juara (Jerman), maka saiya “harus” menjagokannya sebagai pemenang di laga ini. Dan meskipun Spanyol akan lebih banyak menguasai bola, namun mereka hanya akan menang tipis dari Belanda. Dan di pertandingan ini yang akan menjadi man of the match-nya bukanlah David Villa ataupun Sneidjer – tapi Fernando Torres.

Prediksi saiya 1 – 0 untuk kemenangan Spanyol.

Iklan

8 Tanggapan

  1. SETUJU,,kenapa bangsa kita cuma bisa jadi WASIT,SUPORTER atau KOMENTATOR(maaf) saya lebih bangga kalau indonesia bisa tampil dipiala/dunia.padahal dulu sepak bola kita”macan asia” cukup ditakuti, tp sekarang???? Yah…mudah2an 4-8 taon lagi kita bisa sperti apa yg kita harapkan…. MAJU TERUS SEPAK BOLA INDONESIA KU

  2. Saiya sependapat bung, bravo spanyol…

  3. Menurut saya, belanda akan memenangkan pertandingan final dini hari nanti.
    Paul si gurita tidak salah dalam memprediksi, pada laga pamungkas di ajang internasional, tim pertama yang di pilih paul si gurita adalah tim yang akan kalah.
    Menurut saya skor 2 0 untuk kemenangan belanda.
    Wkwkwkwk.

  4. Prediksinya bagus juga.
    Tapi ada yang harus diingat.
    (1). Paul hanyalah seekor gurita(hewan).oke lah selama ini prediksinya buat jerman tepat.tp ingat,itu hanya buat “jerman”.bukan spanyol vs belanda.lagi pula waktu puncak/final EURO 2008,paul juga keliru.dia pilih jerman,tapi nyatanya spanyol juaranya.
    (2). Wesley sneijder. Dia adalah punggawa inter milan yang waktu itu dilatih Mourinho dan bisa menghentikan barcelona yang kebanyakan pemain timnas spanyol.siapa tau dia bisa mengembangkan kata2 (mourinho) kepada kawan2nya bagaimana cara menghentikan mereka (pemain spanyol).
    Ya itulah,semoga bisa dijadikan perbandingan untuk memilih “jago”an anda.
    @serdadu95,,, maturnuwun. . . .

  5. Tetep aku milih blanda, JUARA

  6. @ all :
    Maap, kali ini saiya 100% Benar. Spanyol menang dgn skor 1 – 0 seperti yg saiya prediksikan dan Torres (juga) berandil besar atas terjadinya gol tersebut.

    Selamat buat para pendukung Spanyol.

  7. Prediksi yg ane trawang triwing mleset, ane pensiun aja jd peramal..
    Wkwkwk..

  8. Selamat bung serdadu95.. Wah kemarin duel elclasico indah banget ditonton..blm pernah saya lihat match yg seindah itu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: