Gaung Agustusan

Agustusan tahun ini agak sedikit beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Gaungnya ndak begidu terasa. Mungkin karena jatuhnya bertepatan dengan Bulan Puasa, sehingga pada ”kagok” semuwa. Padahal dulu — Proklamasi Kemerdekaan sewaktu dibacakan Soekarno-Hatta juga bertepatan dengan Bulan Puasa lohh. Dilema-kah ini namanya?

Saiya ndak teu bagaimana yang terjadi di tempat tinggal sampiyan. Kalau di komplek saiya ”Gaung Agustusan”-nya memang agak sedikit menurun. Ndak semeriah tahun lalu. Sampai sekarang saiya ndak dapat undangan dari RT saiya untuk rapat ini-itu yang berkaitan dengan peringatan 17-an. Mungkin karena sudah di-handle oleh dinas, sehingga pada ”pasrah bongkokan” semuwa. Payah-kah ini namanya?

Tahun lalu Presiden RI menyampaikan pidatonya sebanyak 2 kali di depan Rapat Paripurna (Luar Biasa) DPRRI. Yang pertama disampaikan pada tanggal 3 Agustus 2009 tentang APBN 2010 beserta Nota Keuangannya dan yang ke-2 dibacakan pada tanggal 14 Agustus 2009 tentang Pidato Kenegaraan dalam rangka Peringatan ke-64 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun 2010 ini, sampai dengan tanggal 10 Agustus ini – saiya ndak melihat Bapak Presiden menyampaikan pidatonya.

Dan di blog ini. Tahun lalu – sampai dengan tanggal 9 Agustus 2009 di Edisi Merah Putih telah terposting sebanyak 6 postingan, tapi tahun 2010 ini — sampai dengan tanggal 10 Agustus ini, baru 3 postingan yang telah terposting. Malas-kah ini namanya?

Lalu bagaimana-kah dengan sampiyan sendiri sodara…??

Sibuk. Semuanya terlalu sibuk dengan kegiatan, pekerjaan dan pikirannya masing-masing. Mungkin begidulah yang terjadi. Saiya pun harus pontang-panting nyelesaian kerjaan dinas sebelum Puasa tiba. Perbaikan ini-itu, penggelaran itu-ini sampai nyelesaian gawean tambahan yang ”segambreng-uweng” banyaknya musti saiya hadapi menjelang Agustusan tahun ini. Herman juga saiya, kok bisa-bisanya kerjaan datang berbarengan begidu yakk… ?? (Untungnya… saiya sudah nyempatin ngecat dan ngrapiin rumah buat nyambut 17-an. Nyadran dan padus-an pun sudah saiya laksanakan buat nyambut Puasa).

Hari ini ada final bola volley antar RT di komplek saiya dan lomba sepeda hias dalam rangka Peringatan Ke-65 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan oleh tempat dinas saiya. Kemaren, penilaian lomba kebersihan antar RT juga telah dilaksanakan. Semuanya akan berakhir di hari ini, 7 hari menjelang Peringatan Detik-Detik Proklamasi. Dan sangat dimungkinkan setelah hari ini ”Gaung Agustus-an” akan terdengar lirih, sayup-sayup — tertutup oleh gema takbir.

Lantas bagaimana di tempat tinggal sampiyan sodara ?? – Apakah Gaung Agustusan-nya masih terdengar lantang sampai sekarang??

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Di Iswahyudi udah sepi pak.. Terakhir hari minggu tgl 8 agustus ada lomba sepeda hias anak-anak. Tgl 2-8 agustus lomba kebersihan antar Rt, lomba voly dah final dari akhir bulan lalu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: