Prediksi Final Liga Champions 2010/2011

Salam Olahraga!

Apaboleh buat, akhirnya bukan yang “terbaik”… tapi yang “berungtung”-lah yang akan menutup perhelatan Liga Champions (LC) musim kompetisi 2010/2011 di Minggu dini hari entar. Jahh… setidaknya begidulah menurut pendapat saiya. Ini ndak-da urusnya dengan ketidak-“nge-fans”-nan saiya kepada Barcelona (Barca) dan Menchester United (MU), tapi ini… pyuuurrr hanya masalah pendapat ajahh. Jadihh… kalau sampiyan setuju (dengan pendapat saiya ini) silakan, ndak-pun juga ndak pa-pa.  Itu sepenuhnya adalah hak sampiyan. Cuman… bila sampiyan nantinya akan marah-marah karena bersebrangan dengan pendapat saiya ini sebagai akibat dari ke-ngefans-nan sampiyan yang terlalu kuat terhadap Barca maupun MU, maka saiya sarankan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan elegan.

Lantas… mengapa saiya sampai mengatakan bahwa Barca atau MU bukanlah tim yang terbaik tapi hanya melabelinnya dengan lebel “beruntung” saja?

Terlepas dari kejadian-kejadian di laga-laga sebelumnya, Kedua tim ini memanglah yang lebih “beruntung” bila dibandingkan dengan tim-tim yang lainnya. Beruntung – karena siapapun yang akan menjadi pemenangnya di laga nanti… hanya merekalah yang mampu meraih “dua piala” regular di satu musim kompetisi, yaitu “juara di liga domestiknya masing-masing” dan “juara di level Eropa” (baca: Liga Champions. Tapi meskipun begidu… siapapun itu, Barca atau MU tetaplah bukan yang “terbaik” – karena tahun ini ada tim yang mampu meraih 3 gelar sekaligus dalam satu musim kompetisi, yaitu FC Porto….

:mrgreen:  :lol:  :mrgreen:

Wookee… kembali ke Barca vs MU. – Kekuatan mereka berdua “hampir” setara. Sama-sama mengandalkan umpan-umpan nan cepat, terukur dan sangat lihai dalam mengorganisir permainan. Masing-masing mempunyai pemain yang bisa merubah situasi, Messi di Barca dan Rooney di MU. Kuat di tengah dan cepat di kedua sayapnya. Pelatihnya pun… meskipun “beda generasi”, tapi keduanya sangad jago dalam memotivasi anak didiknya dan sama-sama ahli strategi. Dengan pengalamannya yang bertahun-tahun menangani MU – Sir Alex sudah pasti mempunyai segudang cara untuk menggonta-ganti strategi yang disesuaikan dengan lawan yang akan mereka hadapi. Sementara Pep-pun, yang mantan seorang pemain jempolan di masanya, tentu pula mempunyai pengamatan yang jitu dengan apa yang di lapangan.

Jahh… selain kesetaraan yang sebutkan diatas, menurut pengamatan saiya… ada (juga) beberapa perbedaan antara keduanya. Barca lebih mengandalkan umpan-umpan pendek gaya sepanyolan yang bertumpu kepada para pemain tengahnya. Poros Xavi – Iniesta – Messi adalah andalan yang mempunyai mobilitas tinggi dan kemampuan dalam “mengkreasi” serangan sangatlah mumpuni. Sementara MU dengan gaya “kick and rush” yang telah ”dimodifikasi” lebih mengandalkan pada serangan dari kedua sayapnya dan serangan balik.

Dari sini saiya melihat Barca akan lebih sering melakukan serangan dari arah tengah dengan harapan lewat kemampuan dribbling dari para pemainnya yang diatas rata-rata… selain bisa menghasilkan gol secara langsung lewat aksinya, Dengan tinggi rata-rata para pemain Barca yang “setengah muk” memang membuat pergerakannya terlihat “lebih lincah” dan cepat. Hanya saja, kelincahan dan kecepatan yang mereka miliki ini ndak berbanding lurus dengan kuatnya cengkraman kakinya ke tanah. Harusnya… semakin pendek orang, semakin susah terjatuh/dijatuhkan, namun di Barca rumus ini agaknya “sengaja ditiadakan” untuk mendapatkan keuntungan lain – yaitu mendapat “freekick/penalty” atau hukuman kartu bagi lawannya. Sehingga ndak heran kalo para pemain Barca sangatlah ahli dalam melakukan diving dengan berbagai gaya yang “wah”. Senggol sedikit terkapar, berguling-guling ndak karuan. Ini harus bisa diantisipasi oleh MU.

Disisi lain, dengan digelarnya pertandingan di Wembley membuat MU seolah bermain di kandangnya sendiri. Keuntungan ini harus bisa dioptimalkan dengan melakukan tekanan sejak menit-menit awal. Dugaan saiya, Sir Alex akan menginstruksikan kepada anak buahnya untuk melakukan umpan-umpan panjang melambung yang mengarah ke daerah pertahanan Barca, baik dari tengah maupun dari kedua sisi sayapnya. Saiya kira Rooney juga akan diinstruksikan untuk melakukan tendangan dari luar pinalti. Sir Alex teu bahwa Puyol, Pique dan Valdes sering melakukan blunder dalam mengantisipasi umpan-umpan lambung/atas, sehingga dari sisi inilah yang “mungkin” akan dicoba dipersering repetisinya kala melakukan serangan.

MU memang punya kelebihan saat melakukan serangan balik. Saat lawan melakukan tendangan penjuru seringkali dimanfaatkan oleh MU untuk melakukan serangan balasan. Ketika Puyol dan Pique maju untuk menyambut umpan dari tendangan penjuru, maka itu akan tercipta ruang terbuka di pertahanan Barca. Nah hal ini akan menjadi makanan empuk bagi MU. Bila bola jatuh di kaki pemain MU, bola itu akan segera diumpan ke Park Ji Sung atau ke Valencia untuk membawanya ke depan – atau bisa juga ke Ryan Gigs untuk melakukan umpan langsung ke Rooney atau Hernandez yang sudah menunggu di depan. Bila ini ndak diantisipasi dengan baik oleh Pep dan para pemainnya maka bisa jadi Barca akan terkapar di Wembley dengan cara seperti yang saiya sebutkan diatas.

Selama bola masih bundar, maka semuanya masih bisa terjadi. Dan dengan segala macam pertimbangan yang ada, maka tim yang beruntung di tahun ini – menurut saiya adalah MU. Merekalah yang akan jadi pemenangnya di laga pamungkas LC musim ini. Prediksi saiya : 1 – 0 atau 2 – 1 untuk kemenangan MU.

***

Clossing Statement :

Jahh… pada akhirnya apa yang terjadi di lapangan-lah yang nantinya akan menentukannya segalanya. Apa yang ada di kertas atau gombalan seperti yang ada di blog ini hanya sebagai pengantar tontonan saja. Sekali lagi saiya cuman nebak-nebak ajahh, ndak beda jauh-lah dengan yang sampiyan lakukan. Kalau tebakan saiya benar… itu berarti saiya emang lagi dinaungi keberuntungan, dan sebaliknya jika tebakan saiya ndak benar, itu tandanya keberuntungan lagi ndak berpihak kepada saiya. Menuntut benar terus, jelas itu ndak mungkin, tapi saiya juga yakin bahwa ndak selamanya tebakan saiya salah melulu. Bukan begidu bukan??

14 Tanggapan

  1. Pertamax Ndan… Siaya setuju dengan komandan. Semoga MU yang jadi juwaranya… Tp prediksi saiya kok MU menang 2-0 ya… ya kita buktikan nanti malam.

  2. saya setuju sekali bung, itu lah PR barca sering blunder bola2 atas / lambung.. Sedangkan Mu sangat komplit bola bawah jago, umpan lambung pun jago. Saya cuma mau mengulas kelemahan MU, Rooney sering kali frustasi bila kalah dalam penguasaan bola, gigg udah gak muda lagi, cuma park ji shung dan chicarito yg berbahaya hingga menit akhir.. Tapi untuk mengejar tika tiki elbarca kedua nama ini akan kuwalahan juga.. Iniesta!! Nama ini sering mencetak gol penting dan penuh keberuntungan. Ingat gol nya ke gawang chelsea, gol final piala dunia. Messi!! Di 2011 udah memecahkan rekor mencetak 3 gol ke tim yg diasuh mourinho.. Bukan tidak mungkin dia akan mencetak gol pertamanya di inggris. Prediksi Barca unggul: 3-2 atau unggul 1gol.

    • Rooney sekarang udah lebih wise Brooo…, karena dia udah ndak lagi jadi satu-satunya tumpuan untuk mencetak gol. Beberapa waktu belakangan ini… dia lebih sering jadi pengumpan dan wall bagi Hernandez atau Berbatov. Tapi emang kalo di-kasari… reaksinya sulit diduga.

      MU akan mengandalkan serangan balik. Sebab membendung “lenggak-lenggok”-nya pemain Barca yg kadang “terlalu to much”… hanya buang2 energi. Perlu diingat juga… Pique itu mantan pemain MU yg dibuang ke Barca, jadi Sir Alex udah teu gimana harus berbuat. Disitulah titik kelemahan Barca… selain cengkraman Valdes yg udah menurun kelengketannya.

      Jahh, Barca akan menang hanya-bila mereka unggul jumlah pemain.:mrgreen:

  3. @serdadu95,
    said:Apa boleh buat, akhirnya bukan yang “terbaik”… tapi yang “berungtung”-lah yang akan menutup perhelatan Liga Champions (LC) musim kompetisi 2010/2011.
    Barca atau MU tetaplah bukan yang “terbaik” – karena tahun ini ada tim yang mampu meraih 3 gelar sekaligus dalam satu musim kompetisi, yaitu FC Porto….

    Maaf,Porto dengan MU/Barca gak bisa dibandingin sob.
    Porto kelasnya masih dibawah(bukan lantaran jumlah gelar yg di buat jadi patokan)UEFA memberlakukan nilai koefisien dalam penilaian mereka.contohnya klo ada pemain porto(atau pemain yg berlaga di liga belanda,yunani,turki,swiss dll) yg mencetak 45 gol.bukan dia yg dapat sepatu emas eropa tapi ronaldo,sebab nilai koefisiennya kalah dgn klub di liga spanyol(itali,inggris) itu sebagai bukti klo kelas porto masih dibawah Barca/MU.DAN SAYA RASA MEREKA MEMANg PANTAS KOK MASUK FINAL(dari segi permainan jg mereka adalah juara di liga masing2 )dibanding madrid atau schalke(terlepas dari sifat fanatisme,coba di nilai secara wajar).prediksi saya Barca akan menang.tks

    • Haaa…haa…haa… begidulah gaya penulisan saiya Brooo – kadang bisa bikin senewen. Kalo sampiyan lihat lagi… kata “beruntung” & “terbaik”, saiya tuliskan pake tanda petik… itu artinya saiya hanya ngitung jumlah piala yg diraih – ndak pake mbandingkan kasta-nya. Karena 3 itu lebih banyak dari 2 maka jelaslah yg “terbaik” adalah yg dapat 3.:mrgreen:

      ini pyururr… masalah gaya penulisan saja. Kalo saiya ditanya siapa yang terbaik – “menurut saiya” : Bayern Munchen😆

  4. Man utd ada plus-nya lagi.
    Yaitu ‘mourinho’.
    Walau tak secara langsung, teka-teki permainan barca sudah terbaca oleh sir alex.
    Moga aja messi mati kutu karena akan dijaga ketat park j s.
    Kayak dikandangnya saja lawan madrid, messi ‘klepekan’ dijaga lass diarra.

  5. @rajaebookgratis,
    kalo saya boleh tanya, anda pilih barca apa sih alasannya?
    Barca mainnya nggak ‘fair’ lho.
    Aksi diving-nya yang paling saya benci.
    Kita kalo main harus sportif.
    Lagian kalo barca ‘hebat’ ngapa piala copa del ray nggak bisa didapat?
    Porto memang kelas menengah, tapi dikelasnya dia ter’hebat’ (karna dapat 3 piala).
    Seperti barca kelas atas, tapi dikelasnya…?
    Okelah…
    Kita saksikan aja ntar malam.
    Kalo barca menang, saya akui barca ter’hebat’ dikelasnya.
    Tapi kalo kalah, berarti ini kutukan atas semua aksinya dilapangan.
    Thx.

  6. wah,100 setuju sama pendapat bung serdadu.

    Menurut prediksi saya menang wasit 1-0.

    Dalam keadaan normal memang mu lewat serangan balik.

    Tp dalam keadaan kurang normal menang barca karena pemain mu di kartu merah wasit.

  7. Serdadu : Jahh, Barca akan menang hanya-
    bila mereka unggul jumlah pemain.

    i52z30 : Tp dalam keadaan kurang normal
    menang barca karena pemain mu
    di kartu merah wasit.

    Gw : Wakakakakakak…….

    • Jahh … saiya salah. Kali ini Barca memang bisa bermain “bersih” dan bagus. Saiya acung jempol buat para pemain Barca yg bisa memanfaatkan penampilan buruk dari Park, Gigs dan Van Desaar.

      Selamat buat sampiyan semua para pendukung Barca… teriring doa semoga Tim sampiyan di masa-masa yang akan datang bisa bermain “bersih” – tanpa Diving lagi.

      Selamat!

  8. MU kalah secara terhormat, mau bermain menyerang. Dan mampu merepotkan barca dimenit awal. Roney juga mampu membuat gol balasan, walau ‘gigg’ sebenarnya offside. Gak seperti Madrid yg selalu super bertahan dan kasar (tukang jagal) wajar bila sering kena kartu merah.(catatan: bukan hanya dengan barca, dengan tim lain juga) tapi yg terpenting pemain kesayanganku Messi mencetak gol pertamanya di inggris. Visca el barca..

  9. siapa aja yang menang gak masalah yang penting seru pertandingannya dan menghibur

  10. jd yg masuk final barca sm MU ?? di liat dr mn??…. blz dunk! thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: