Memburu Gerhana (bagian ke-3/tamat)

Plung. – Tiba-tiba ND solar filter bikinan yang nempel di lensa saiya terjatuh, ketika baru aja gerhana itu mulai. — “sejuta topan badai….. kepiting busuk…bashi-bazouk…kleptomaniak, ectoplas….sea gherkin…anacoluthon…. “, bak Kapten Haddock saiya pun mengumpat sejadi-jadinya. Gimana endak coba….- rencana yang begidu matang bakalan ancur berantakan karena keteledoran saiya yang kurang hati-hati saat mau ngrubah posisi kamera. Dari atas saiya lihat filter itu jatuh di pinggiran jalan tol. Kampret.

“Lewat sebelah sana aja mas…., mungkin ada jalan turun”, saran seorang ibu-ibu. – Saiya lihat pinggiran jalan tol itu berpagar dan kayaknya ndak berpintu. Secercah harapan muncul ketika saiya lihat ada celah pada pagar tersebut. Dengan nekat saiya melalui celah tersebut untuk mencapai pingiran jalan tol. Dan….hureeee…. berhasil. – Blessing in disguise…., kalo filter saiya ndak terjatuh, saiya ndak bakalan dapat gambar seperti ini…

Untitled-35 Untitled-37 Untitled-38 Untitled-39 Untitled-40Kembali ke rencana awal, saiya pun mulai njepret GMS dengan kehati-hatian yang lebih. — Perkiraan saiya sebelumnya, yang namanya GMS saiya fikir sinar mataharinya bakalan terhalang dan alasan harus pakai filter/kacamata itu untuk melindungi cahaya yang lolos dari hadangan sang bulan – namun ternyata, meski terhalang namun pendaran dari sinar matahari masih melingkupi bumi jakarta dengan cukup terang seperti biasanya. So, sebenarnya filter/kacamata super gelap itu fungsinya untuk meredam pendaran sinar tersebut agar GMS bisa dilihat. Tanpa alat tersebut dijamin ndak bakalan bisa ngelihat GMS yang terjadi, apalagi memotretnya seperti ini….

gms01-Edit
Kalau dilihat dari hasilnya, foto GMS itu begidu-begidu saja. Sebuah lingkaran yang terpotong oleh lingkaran lain. Kayak irisan/intersection pada pelajaran matematika (lihat gambar di atas). Hal ini sudah saiya perkirakan, sehingga saiya membawa kamera lain yang saiya fungsikan untuk njepret obyek lainnya. Dan inilah hasilnya….

Untitled-3 Untitled-6 Untitled-9 Untitled-13 Untitled-15 Untitled-16 Untitled-18 Untitled-19 Untitled-21Untitled-8 Untitled-16 Untitled-22 Untitled-24 Untitled-25 Untitled-27 Untitled-30Walau hasil foto dari GMS itu nampak sederhana….– namun bagi saiya, foto-foto tersebut tetaplah foto yang luar biasa bila dilihat dari proses njepretnya. – Jahh, demikianlah acara “memburu gerhana” ala saiya, semoga bermanfaat. *tamat*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: