GOMBALAN & ANALISA SAIYA: BABAK PENYISIHAN GRUP PIALA EROPA 2016

Adalah hak setiap manusia penyuka bal-balan untuk menduga-duga tetang tim mana saja yang bakalan lolos dari lubang jarum babak penyisihan grup pada rebutan piala eropa 2016. Pada dasarnya semuanya cuman kebetulan saja, bila bisa menduga dengan tepat hasil dari sebuah pertandingan yang digelar. Banyak faktor yang menyebabkan sebuah pertandingan bal-balan yang dilangsungkan secara fair itu sulit diduga hasil akhirnya. Contohnya — siapa yang ngira, bahwa tim antah-berantah yang berjuluk Islandia bisa ndepak si kumpeni Belanda dengan total football-nya yang melegenda itu dari di babak kualifikasi ??  — bahkan untuk meraih tiket ke babak playoff di babak kualifikasi-pun si kumpeni yang berwarna orange itu ndak mampu. Yang lebih mengejutkan lagi adalah tim dinamit Denmark yang kalah bersaing dari “tim yang ndak jelas” yang berjudul Albania. – Pepatah “bola itu bundar” selalu mampu memberikan ruang bagi terjadinya jungkir balik harga daging sapi prediksi bal-balan. Jahh… meskipun keberhasilan dalam menduga hasil sebuah pertandingan bal-balan itu lebih banyak unsur kebetulannya, namun menduga bal-balan dengan mengabungkan data-data yang ada dan intuisi… akan memberikan cita rasa yang berbeda kepada kebetulan tersebut. – dan disitulah letak keasyikannya.

Kembali ke laptop gombalan dan analisa saiya tentang tim mana ajahh yang bakalan lolos dari lubang jarum babak penyisihan grup ini. Berdasarkan data-data yang saiya miliki, yang saiya dapat dari mbaca berbagai situs bal-balan di dunia maya dan surat kabar tentang piala eropa 2016, maka dugaan saiya adalah sebagai berikut:

Grup A (Perancis, Rumania, Albania, dan Swiss)

Faktor tuan rumah akan membantu tim Perancis untuk lolos ke babak selanjutnya, namun keberadaan tim Rumania dan Swiss yang mempunyai catatan bagus di babak kualifikasi akan membuat Perancis melenggang dengan mudah. Di babak kualifikasi, Rumania berhasil melesakkan 11 gol ke gawang lawan-lawannya dan hanya kemasukan 2 gol saja (surplus 9 gol). Ini menunjukan bahwa Rumania mempunyai pertahanan yang bagus, sehingga di laga pembuka nanti…. saiya menduga akan berakhir imbang. – Catatan Swiss lebih gila lagi, — dari 10 pertandingan di babak kualifikasi, mereka mampu nyetak 24 gol dan kemasukan 8 gol (surplus 16 gol). Adapun Albania, meskipun di babak kualifikasi mereka mampu mendepak Denmark, namun di Grup A ini, Albania adalah tim terlemah. – Secara lengkap, dugaan saiya di Grup A ini dapat dilihat di tabel di bawah ini.

Untitled-1

Dari tabel tersebut, saiya menduga bahwa Perancis akan bermain imbang sewaktu melawan Rumania dan Swiss, dan ketiganya akan meraih kemenangan dari Abania – sehingga di akhir klasemen saiya menduga Perancis, Rumania, dan Swiss akan memiliki jumlah poin yang sama (5), hanya selisih gol-lah yang akan membedakan antara ketiga-nya. Berdasarkan intuisi saiya, Perancis dan Rumania akan lolos ke babak selanjutnya sebagai 2 tim terbaik, sedangkan Swiss juga akan lolos ke babak selanjutnya dengan predikat sebagai salah satu dari 4 tim peringkat ke-3 terbaik.

Grup B (Inggris, Rusia, Wales dan Slovakia)

Nama besar, pengalaman dan kedalaman skuad tim Inggris dan Rusia ndak isah saiya abaikan begidu saja. Mekipun Wales punyak Gareth Bale dan Slovakia punya catatan bagus di babak kualifikasi, namun menurut saiya itu belum cukup untuk menandingi dominasi Inggris dan Rusia. – Secara lengkap, dugaan saiya di Grup B ini dapat dilihat di tabel di bawah ini.

Untitled-2Pertandingan pertama selalu menyulitkan bagi tim manapun, sehingga pertemuan Inggris dan Rusia saiya menduga akan berakhir imbang – namun di laga selanjutnya, keduanya akan mengalahkan lawan-lawannya (Wales dan Slovakia). Berdasarkan intuisi saiya, di Grup B ini hanya akan meloloskan 2 tim terbaik saja, yaitu Inggris dan Rusia.

Grup C (Jerman, Ukraina, Polandia dan Irlandia Utara)

Ukraina dan Irlandia Utara memang ndak bisa dipandang sebelah mata begidu saja, namun di laga pertamanya keduanya langsung berhadapan dengan Jerman dan Polandia yang mempunya kualitas tim yang lebih baik.  Ini yang menurut saiya akan menyulitkan bagi Ukraina dan Irlandia Utara untuk dapat berbuat banyak di Rebutan Piala Eropa edisi tahun ini. – Secara lengkap, dugaan saiya di Grup C ini dapat dilihat di tabel di bawah ini.

Untitled-3Berdasarkan intuisi saiya, di Grup B ini hanya akan meloloskan 2 tim terbaik saja, yaitu Jerman dan Polandia.

Grup D (Spanyol, Rep. Ceko, Turki dan Kroasia)

Spanyol adalah juara di rebutan piala eropa edisi sebelumnya, namun di piala dunia 2014 – Spanyol ancur-ancuran. Mereka emang lagi mengalami pergantian generasi, sehingga saiya ndak berani meletakan Spanyol pada posisi yang lebih baik dari Rep. Ceko yang punyak kiper Peter Cech dan Kroasia yang memiliki Luca Modric, Ivan Rakitic dan Mario Madzukic. – Secara lengkap, dugaan saiya di Grup D ini dapat dilihat di tabel di bawah ini.

Untitled-4Di pertandingan pertama, Spanyol akan bertemu Rep. Ceko – dan di laga ini, saiya ndak begidu yakin keduanya akan saling mengalahkan. Imbang adalah hasil yang sangad wajar menurut saiya. Sementara itu di laga perdanya Kroasia akan berhadapan dengan Turki. – Ini adalah kesempatan bagi Kroasia untuk meraih poin penuh dari Turki dengan margin gol yang optimal. Hasil akhir di Grup D ini, saiya menduga akan sama dan sebangun dengan hasil akhir di Grup A, yaitu 3 tim (Spanyol, Kroasia dan Rep. Ceko) akan memiliki poin yang sama (5). Berdasarkan intuisi saiya, Spanyol dan Kroasia akan lolos ke babak selanjutnya sebagai 2 tim terbaik, sedangkan Rep. Ceko juga akan lolos ke babak selanjutnya dengan predikat sebagai salah satu dari 4 tim peringkat ke-3 terbaik.

Grup E (Belgia, Italia, Rep. Irlandia dan Swedia)

Eden Hazard and the gank adalah generasi terbaik dari Tim Belgia saat ini. Hal ini bisa dilihat dari hasil di babak kualifikasi  yang menempatkan Belgia di urutan pertama, dengan margin gol 24  berbanding 5 (surplus 19 gol) dari 10 pertandingan yang dilakukan. – Saiya ndak ragu menempatkan Tim Belgia sebagai Tim terbaik di Grup E ini, meskipun ada Italia di dalamnya. Saiya kira di rebutan piala eropa edisi kali ini, Belgia bisa melaju lebih jauh, minimal sampai di 8 Besar. – Secara lengkap, dugaan saiya di Grup E ini dapat dilihat di tabel di bawah ini.

Untitled-5Pertandingan perdana adalah kunci. – Dugaan saiya Belgia akan bermain imbang dengan Italia, dan Swedia akan mampu mengalahkan Rep. Irlandia. Baru di laga selanjutnya, Belgia akan menunjukan kedigdayaannya dengan meraih poin penuh dari Swedia dan Rep. Irlandia. Sementara itu saiya menduga, bahwa Italia hanya akan bisa meraup poin penuh dari Rep. Irlandia dan akan bermain imbang dengan Swedia. —  Berdasarkan intuisi saiya, Belgia dan Italia akan lolos ke babak selanjutnya sebagai 2 tim terbaik, sedangkan Swedia juga akan lolos ke babak selanjutnya dengan predikat sebagai salah satu dari 4 tim peringkat ke-3 terbaik.

Grup F (Austria, Hungaria, Islandia dan Portugal)

Menurut saiya di Grup F ini, Hungaria adalah pengembira – sehingga ketiga tim yang lainnya akan dapat meraup poin penuh dari tim ini. Sementara Islandia adalah kuda hitamnya yang bisa jadi akan memberikan sandungan bagi Portugal dan Austria. – Secara lengkap, dugaan saiya di Grup F ini dapat dilihat di tabel di bawah ini.

Untitled-6Austria di babak kualifikasi mempunyai catatan bagus dengan memuncaki papan klasemen meninggalkan Rusia dan Swedia di bawahnya. Torehan 28 poin di sepuluh laga yang dimainkan tanpa pernah kalah (9 menang, 1 kali seri) dengan memasukan 22 gol dan kemasukan 5 gol (surplus 17 gol) menunjukkan bahwa tim ini sangadlah kuat. – Namun ketika entar Austria berhadapan dengan Portugal, saiya ndak yakin Austria akan menang, saiya cenderung berpendapat bahwa keduanya akan bermain seri. Demikian pula ketika Austria bertemu dengan Islandia di laga penutup – saiya kira keduanya juga akan bermain imbang. — Berdasarkan intuisi saiya, Portugal dan Austria akan lolos ke babak selanjutnya sebagai 2 tim terbaik, sedangkan Islandia si kuda hitam juga akan lolos ke babak selanjutnya dengan predikat sebagai salah satu dari 4 tim peringkat ke-3 terbaik.

***

So, di klasemen akhir entar perolehan poin dari masing-masing tim menurut dugaan dan intuisi saiya adalah sebagai berikut:

KLASEMENAKHIRSimpulannya yang bakalan lolos dari lubang jarum di babak penyisihan grup ini adalah : Perancis dan Rumania (Grup A), Inggris dan Rusia (Grup B), Jerman dan Polandia (Grup C), Sepanyol dan Kroasia (Grup D), Belgia dan Italia (Grup E), Portugal dan Austria (Grup F) – sebagai 2 tim terbaik di masing-masing grup. Sedangkan 4 tim peringkat 3 terbaik yang akan menggenapi menjadi 16 tim adalah Swiss, Rep. Ceko, Swedia, dan Islandia.

Benar atau endak…. kita lihat entar ajahh. – Kalo menurut sampiyan gimana??

 

Satu Tanggapan

  1. .:: perancis vs rumania: 2-1. — prediksi: salah ::.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: